JAKARTA - Ketua Umum partai Gerindra, Prabowo Subianto telah bertemu dengan Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnopoetri pada Rabu (24/07/2019). Apakah ini sinyal masuknya Gerindra ke koalisi pendukung Jokowi Jilid II?

Anggota Fraksi PDIP DPR RI, Eva Kusuma Sundari mengungkapkan, pertemuan tersebut belum tentu sinyal masuknya Gerindra ke koalisi.

"Tapi penjajakan harus, karena ini bisa mengurangi polarisasi yang ada di masyarakat dan juga pendidikan politik bagi masyarakat," kata Eva dalam diskusi Dialektika Demokrasi, "Gerindra Gabung Ancaman Kursi Koalisi?" di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/07/2019).

Pendidikan politik yang dimaksud Eva adalah, tidak permanennya polarisasi dalam kontestasi berdemokrasi. Pasca kontestasi, polarisasi, "bisa untuk kemudian direkonsiliasikan,".

Soal kemungkinan bagi-bagi kursi di kabinet, menurut Eva, agenda politik belum masuk ke poin itu karena masih menunggu Jokowi mengumpulkan parpol-parpol koalisi untuk bersama-sama merumuskan formulasi kabinet mendatang.