PEKANBARU - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan bagi hewan-hewan kurban yang dijual. Hewan-hewan tersebut, seperti sapi, kambing dan kerbau, termasuk yang terlihat dijual di beberapa titik jalan di Kota Pekanbaru.

"Kita membentuk 6 tim pemeriksaan hewan, untuk menjangkau tempat penjualan hewan kurban," ujar Kepala Distakan Pekanbaru Herlandria, Kamis, (25/7/2019).

Selain itu, tim ini juga menurutnya akan memeriksa legalitas hewan berdasarkan surat keterangan asal hewan, surat keterangan kesehatan hewan dan surat keterangan lalu lintasnya.

"Ketiga dokumen itu harus dimiliki dan akan diperiksa oleh tim. Sehingga bisa dipastikan hewan-hewan ini bukan hewan curian dan sehat," jelasnya.

"Untuk kesehatan, tim juga akan memeriksa kembali apakah sudah memenuhi syarat atau tidak," jelasnya.

"Jika sudah dipastikan layak untuk kurban, Distakan Pekanbaru akan keluarkan surat keterangan sehat dan izin potong. Bagi panitia kurban atau pengurus masjid nantinya bisa mempertanyakan surat ini untuk membeli kurban," terangnya.***