TEMBILAHAN-Dani M Nursalam mengajak seluruh pedagang yang tergabung dalam Komunitas Pedagang Jalanan (KPJ) untuk bangkit meski setiap hari harus bertemu terik matahari dan debu jalanan saat mengais rejeki.

Pernyataan tersebut, disampaikan Calon Anggota Legislatit (Caleg) DPRD Riau nomor urut 1 daerah pemilihan Indragiri Hilir (Inhil) dari Patai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut saat acara deklarasi dukungan yang diberikan KPJ kepada Iwan Taruna, Dani M Nurslam dan Abdul Wahid, Minggu (31/3/2018) di Hotel Inhil Pratama.

"Kita harus bangkit walaupun kita berjualan di jalanan," ucapnya tegas dihadapan 214 pedagang jalanan yang tergabung dalam KPJ tersebut.

Dikatakan pria yang akrab disapa Dani itu, setiap orang, apapun pekerjaannya wajib mendapatkan perlakuan hak dan perlakuan yang sama terutama dari Pemerintah setempat.

Ads
Dengan demikian, ia menegaskan KPJ mesti memiliki legalitas hukum dan terdaftar sebagai komunitas yang berbadan hukum.

"Pedagang jalanan adalah Warga Negara yang perlu dilindungi,kedepan, KPJ bukan lagi musuhnya Satpol PP, jadi Satpol PP tidak perlu lagi ngejar-ngejar KPJ," sebut ayah tiga anak tersebut.

Jika sudah berbadan hukum dan terdaftar, dikatakan Dani, akan lebih mudah bagi anggota perlemen membuat program untuk membantu para pedagang jalanan.

"Jika sudah terdaftar, kami-kami lah yang akan memprogramkan bagaiamana ada program yang berpihak terhadap bapak dan ibu," lanjut pria yang bergabung dengan PKB sejak tahun 2001 itu.

Untuk itulah, ia berharap kepada KPJ agar tidak hanya ada saat tahun politik, namun tetap harus eksis hingga nantinya.

"Saya berharap, KPJ tidak hanya muncul saat tahun politik saja, tapi juga tetap eksis sepanjang masa. Insha Allah saya bersama Iwan Taruna dan Abdul Wahid akan membantu untuk membuat akta notaris komunitas ini dan KPJ tidak hanya ada di Tembilahan, tapi di 20 kecamatan yang ada di Inhil," tukas Dani M Nursalam.(ayu)