BENGKALIS - Meskipun sejak pagi sejumlah daerah di Bengkalis diguyur hujan, diharapkan partisipasi warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyalurkan hak pilihanya tetap tinggi.

''Sedikit banyak, hujan sejak pagi tadi akan berpengaruh pada jumlah partisipasi warga. Meskipun demikian, kita sangat berharap warga mau datang ke TPS untuk menyalurkan suaranya,'' ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami HY usai nyoblos di TPS 17 di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bengkalis Desa Kelapapati, Rabu (27/6/2018).

Dari informasi yang diperoleh, hujan yang mengguyur sejak Rabu pagi, tidak hanya terjadi di Kota Bengkalis, namun menyeluruh hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Bustami tetap optimis tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018 ini tetap tinggi. Sebagaimana di TPS 17, tempat Sekda menyoblos, jumlah pemilihan yang datang ke TPS sudah lebih 100 orang.

Jumlah pemilih di TPS 17 Desa Kelapapati sebanyak 281 jiwa, dengan rincian 146 jiwa pemilih laki-laki dan 135 jiwa pemilihan perempuan. Total TPS di Desa Kelapapati sebanyak 17 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 4.982 jiwa, terdiri dari 2.448 jiwa pemilih laki-laki dan 2.534 jiwa pemilih perempuan.

Meski hujan terus mengguyur, namun antusias warga yang datang ke TPS 17 Desa Kelapapati lumayan besar. Pada umumnya mereka membawa payung dan mantel (baju hujan). Tak terkecuali warga yang memiliki kendaraan roda empat, tentu tidak ada halangan untuk datang ke TPS.

''Kita berharap di TPS-TPS lain begitu juga. Karena momentum ini, datangnya hanya lima tahun sekali. Insya-Allah, warga akan datang ke TPS untuk menentukan pemimpin Riau lima tahun ke depan,'' ujarnya.

Bustami yang didampingi sang istri Akna Juwita tiba di TPS 17 sekitar pukul 09.15 WIB dengan membawa payung. Kehadiran orang nomor satu di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini, langsung disambut petugas TPS.

Sebelum menyalurkan hak pilihnya, Bustami beserta Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bengkalis ini, menyalami seluruh petugas TPS. Selanjutnya, petugas TPS langsung memberikan kertas suara.

Usai memasukan suara di kotak suara, petugas TPS minta izin kepada Sekda Bengkalis untuk poto bersama.*** #BENGKALIS