TEMBILAHAN-Berbagai pertandingan digelar untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ke-54, salah satunya adalah turnamen terbuka catur yang digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Inhil.

Dimulai Sabtu (15/6/2019), kegiatan yang dipusatkan di Gedung Engku Kelana Tembilahan itu diikuti sebanyak 62 peserta yang terdiri dari utusan Dinas/Instansi, Badan, Kantor, Kecamatan, Kelurahan, SLTA serta Perguruan Tinggi.

Ketua Pelaksana yang juga sebagai Ketua Percasi Inhil, Ir H Abbas HS, MM saat dikonfirmasi GoRiau.com menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Inhil.

Catur menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dalam Milad kali ini, dan Alhamdulillah memang selama beberapa tahun kita Percasi dipercaya untuk ikut andil, jelas Abbas.

Ads
Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Inhil itu pun menambahkan bahwa antusias peserta mengikuti turnamen catur ini cukup tinggi, karena banyaknya jumlah peserta yang mendaftar.

"Jika dilihat dari peserta yang mendaftar, nampak antusiasme masyarakat untuk ikut berpartisipasi sangat tinggi," tukas Abbas.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi KONI Inhil, Drs H Jamaludin Harisman, SE M Sc menuturkan KONI sebagai induk organisasi olahraga sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Percasi karena menggelar turnamen terbuka ini.

"Dengan adanya turnamen catur ini bisa membantu KONI untuk menemukan bibit baru yang akan dipoles untuk menjadi atlit masa depan," ujarnya.

Lebih lanjut Jamaludin mengungkapkan kedepannya KONI akan mempersiapkan seluruh atlit untuk ikut berpartisipasi pada Kejuaraan Daerah (Kejurda), Kejuaraan Provinsi (Kejurprov), Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Kami terus melakukan pembinaan pada semua cabang olahraga termasuklah cabang catur," papar Jamaluddin.(ayu)