PEKANBARU, GORIAU.COM - Wisata kuliner sering kali dilakukan Menpora Andi Mallarangeng, tapi pada Minggu (7/10/2012) malam agak istimewa. Pasalnya, wisata kuliner ini dilakukan usai menghadiri acara penting yaitu pembukaan Peparnas XIV - 2012 di Stadion Khaharuddin Nasution, Pekanbaru, Riau.


Usai pembukaan Peparnas, Menpora bersama Ibu Vitri Mallarangeng mengajak para stafnya makan malam. Kali ini yang dipilih bukan restoran mewah, tapi bofet siang malam yang ada di Jalan Sudirman, Pekanbaru, yakni Bofet Radar.


Ruangan di dalam yang sudah penuh pengunjung dan tempatnya cukup sempit, maka jadilah Menpora bersama rombongan memilih meja makan yang ada di emperan atau di trotoar jalan bersama pengunjung lain. Karuan saja pengunjung kaget dan tentu seperti biasa minta foto bersama. Permintaan itu dilayani Menpora dengan senang.


Dalam rombongan ada Seskemenpora, Yuli Mumpuni Widarso, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Joko Pekik Irianto, Staf Khusus Ivana Lie, dan Karo Hukum, Humas dan Kepegawaian, Amar Ahmad, serta tuan rumah Wagub Riau, Mambang Mit.


Yang istimewa, pengamen yang ada tak henti bernyanyi. Menpora pun sambil menyantap mie goreng dan sate Padang ikut menyanyi lagu-lagu nostalgia. "Ayo makannya, silakan," ujar Andi.


Bagi Menpora memang wisata kuliner ini adalah yang kesekian kali. Sebelumnya ketika pelaksanaan PON bulan lalu, Menpora bersama keluarga dan Gubernur Riau, Rusli Zainal, menyantap durian yang ada di jalan Sudirman.


Pernah di Solo, ia mengunjungi rumah makan tengkleng sambil menyanyi lagu-lagu Jawa dengan bahasa yang fasih. (dri/kmc)