JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc ikut bicara terkait gelar Profesor Kehormatan yang diberikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Melalui video pendek, Pratikno menyampaikan ucapan selamat dan turut berbangga terhadap Menpora Amali.

Seperti diketahui, pengukuhan Menpora Amali dengan gelar Profesor Kehormatan bidang Ilmu Kebijakan Olahraga (Sport Policy) dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (FIK UNNES) berlangsung di Auditorium Prof Wuryanto UNNES Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (20/8/2022) lalu.

Mensesneg Pratikno pun mengaku tidak menyangsikan kontribusi Menpora Amali teradap kebijakan keolahragaan Tanah Air, sehingga berujung diganjar gelar Profesor Kehormatan oleh UNNES.

"Saya ucapkan selamat dan ikut berbangga kepada Bapak Zainudin Amali yang dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan di Bidang Ilmu Kebijakan Olahraga oleh Universitas Negeri Semarang. Kontribusi beliau di bidang keolahragaan tidak disangsikan lagi, bukan hanya olahraga sebagai prestasi, tetapi juga olahraga sebagai industri," tutur Pratikno.

"Oleh karena itu, tentu harus didukung oleh kebijakan yang berkualitas dan juga didukung oleh ilmu-limu yang lain, misalnya itu terkait dengan manajemen olahraga, terkait dengan kesehatan olahraga dan seterusnya," tambahnya.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada itu pun berharap kepada Menpora Amali akan semakin menumbuhkan, bukan hanya prestasi nasional di bidang olahraga, tetapi juga tumbuhnya ekonomi yang berbasis pada olahraga.

"Gelar Guru Besar di Bidang Ilmu Kebijakan Keolahragaan ini, harapannya akan semakin menumbuhkan, bukan hanya prestasi nasional di bidang olahraga, tetapi juga tumbuhnya ekonomi yang berbasis pada olahraga," tutur Profesor dari Universitas Gadjah Mada itu.

"Jadi sekali lagi selamat kepada Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si., dan juga kepada keluarga Universitas Negeri Semarang," tutupnya. ***