PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau terus lakukan persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019 di Bengkulu pada bulan November.

Ketua KONI Riau Emrizal Pakis mengatakan, saat ini persiapan menghadapi Porwil telah dilakukan baik dari segi atlet hingga nomor punggung.

"Semuanya sudah ditetapkan, tinggal bagaimana kita mempersiapkannya," kata Emrizal di Pekanbaru, Senin (25/3/2019).

Tidak hanya itu, beberapa persiapan lainnya pun telah disusun KONI seperti perkiraan biaya yang akan di keluarkan, jumlah atlet yang di berangkatkan, serta beberapa daftar rincian yang harus dilakukan. Emrizal menambahkan untuk persiapan atlet saat ini sedang berjalan, tinggal bagaimana memperkuat para altet dengan nomor yang diikuti.

Selain mempersiapkan altet yang memperkuat nomor yang diikuti. Emrizal menyampaikan, dalam hal ini KONI tidak berbicara dengan tangan kosong. Namun dengan memprediksi berapa medali yang bisa diraih dengan melihat kemampuan yang dimiliki oleh atlet.

"Mulai dari sekarang kita sudah bisa menentukan berapa mendali yang bisa di perkirakan," tambahnya.

Perkiraan ini dilihat sebagaimaa potensi selama ini yang diperoleh oleh atlet. Seperti beberapa atlet yabg telah mengikuti ajang nasional, seperti Asian Games, SEAGames.

"Para atlet yang pernah mengikuti pertandingan tingkat nasional yang pesaingnya lebih luas saja bisa dikejar. Apalagi untuk Sumatera, pastinya ruang lingkupnya semakin kecil, dan itu sudah bisa diperhitungkan,'' tambah Emrizal.

Sebagai tambahan, Porwil Sumatera 2019 telah menetapkan 11 cabor yang dipertandingkan dengan 171 nomor pertandingan. 11 cabor tersebut diantaranya yaitu atletik, renang, sepakbola, panjat tebing, catur, bulutangkis kempo, biliar, tinju, muaythai dan bola voli. ***