SELATPANJANG - Disiplin dalam melaksanakan tugas, tegas dalam membina anggota, ternyata Waka Polres Kepulauan Meranti Kompol DR Wawan Setiawan SH MH mempunyai sisi lain yang mampu menghibur orang banyak. Rabu (12/7/2017) sore, Wawan menyempatkan diri menjadi komentator sepakbola.

Saat itu berlangsung pertandingan partai final Liga Remaja Kepulauan Meranti 2017 di Stadion Mahmud Jalan Banglas, Selatpanjang. Antara kesebelasan Tebingtinggi Barat melawan kesebelasan Tebingtinggi.

Dalam melaporkan jalannya pertandingan partai final sore itu, kata-kata yang sering dilontarkan wawan antara lain, 'pemain naturalisasi', 'diamankan ribuan personil kepolisian', 'disiar langsung televisi nasional', '150 ribu penonton', 'tiket yang dicetak sudah ludes terjual', 'tiket dijual sejak sepekan yang lalu' dan lainnya.

Mungkin semua kata-kata itu terdengar biasa, namun ratusan penonton di Stadion Mahmud Jalal Banglas tertawa. Pasalnya, untuk pertandingan sore itu, penonton tidak sebanyak yang disebutkan. Waka Polres Kompol Wawan hanya menghibur.

Kompol Wawan juga 'mengusik' petugas kesehatan dan PMI. Relawan PMI yang kebetulan seorang perempuan berkali-kali dipanggil dan dicandai Wawan menggunakan pengeras suara, terutama saat terjadi pelanggaran pemain.

Wawan juga membuat panitia pelaksana tersenyum. Karena, di sela-sela melapor jalannya pertandingan, Wawan sempat menanyakan amplop honor untuk dirinya. "Ini berapa amplopnya?," tanya Wawan menggunakan pengeras suara.

Sontak kata-kata itu disambut gelak tawa ratusan penonton. Karena tak ramai komentator atau reporter mau bersikap lucu saat melaporkan pertandingan.

Meski demikian, Wawan juga terlihat sudah biasa dengan olahraga Sepakbola. Laporan Wawan mengenai jalannya pertandingan partai final Liga Remaja Kepulauan Meranti 2017 sudah bisa menyamakan dengan apa yang dilakukan reporter lainnya.

Saat turun minum pertama, Wawan mewawancarai beberapa orang yang disebutnya pengamat sepakbola. Dia mempertanyakan jalannya pertandingan dan peluang kedua kesebelasan untuk bertarung di tingkat lebih tinggi.

Pokoknya pertandingan sore itu terasa sangat ramai dengan canda Waka Polres Kepulauan Meranti ke tiga itu.

Hadir langsung saat itu, Sekdakab Kepulauan Meranti Yulian Norwis, Asisten I Aza Faroni, Koordinator Olahraga Tebingtinggi Barat Helfandi MSi, Sekretaris Disparpora Tasrizal Harahap, Koordinator Olahraga Tebingtinggi Rizki Hidayat, Wakil Pimpinan DPRD Muzamil, dan beberapa pengurus PSSI, serta panitia pelaksana.

"Terima kasih atas kebersamaan, kita ketemu lagi di Liga Nusantara tahun depan," kata Wawan usai pertandingan sore itu.

"Pertandingan sore ini sangat seru. Komentatornya kita datangkan langsung dari Jawa Barat," kata Sekda Icut ikut mencandai Wawan. ***