JAKARTA - Wakil ketua MPR RI Ahmad Basarah menyampaikan dukacita atas meninggalnya KH. Maemun Zubair atau Mbah Moen di Makkah, Saudi Arabia.

Menurut Basarah Mbah Moen merupakan seorang tokoh bangsa yang menjadi panutan dan teladan dalam implementasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. 

"Perjuangan Mbah Moen yang membumikan nilai-nilai religius dan kebangsaan itu juga telah menjadi tugas dan tanggung jawab MPR RI dalam dua periode terakhir ini," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/8/2019).

"Mbah Moen adalah contoh ulama Indonesia yang konsisten menjabarkan fatwa KH. Hasyim Asy'ari dengan Hubbul Wathon Minal Iman atau mencintai bangsa dan negara sendiri adalah sebagian dari iman. Beliau adalah ulama yg telah mengajarkan dan menyebarkan konsep Islam Rahmatan Lil Alamiin yang membuat suasana kebangsaan dan keagamaan di Indonesia menjadi sejuk dan damai," imbuh dia. 

Ia melanjutkan, oleh Mbah Moen, Islam bukan hanya menjadi penuntun kehidupan yang sejuk dan damai bagi umat Islam Indonesia tetapi juga membuat damai dan nyaman bagi umat beragama lainnya.

"Alhamdulillah dan insyaallah beliau wafat di kota suci Makkah dalam keadaan istiqomah, diterima semua amal ibadahnya dan diampunkan segala dosa-dosanya serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan kita bangsa Indonesia dapat melanjutkan semangat dan api perjuangannya, amiin," pungkasnya.***