PEKANBARU - Sampah yang selama ini terbuang sia-sia, sekarang bisa bernilai ekonomis jika dimanfaatkan dengan tepat. Bahkan, sampah-sampah yang bisa didaur ulang tersebut bisa dijadikan tabungan emas, apabila sampahnya dijual ke Bank Sampah The Gade Clean and Gold, PT Pegadaian, yang beralamat di Jalan Swakarya RT 007, Tampan, Pekanbaru, Riau.

Kepala Bagian PKBL & CSR Pegadaian Kantor Wilayah II, Irwan mengatakan PT Pegadaian (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara, yang bergerak di bidang jasa keuangan, memilliki tanggung jawab untuk mensejahterakan masyarakat dan peduli terhadap lingkungan di seluruh wilayah kerja di Indonesia. Salah satu bentuk kepedulian itu adalah melalui pembinaannya terhadap Bank Sampah di beberapa wilayah di seluruh Indonesia, melalui program The Gade Clean and Gold. Bank Sampah yang tergabung dalam The Gade Clean and Gold bekerjasama dengan Pegadaian untuk mengajak masyarakat sekitar untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan investasi, melalui tabungan emas Pegadaian.

GoRiau Bank Sampah The Gade Clean and
Bank Sampah The Gade Clean and Gold.
"Sampah yang sudah dipilah dan memiliki nilai ekonomis dari masyarakat yang sudah menjadi nasabah Bank Sampah The Gade Clean and Gold akan diubah nilai rupiahnya ke dalam saldo tabungan emas. Jadi, selain turut serta mengurangi sampah yang akan dibuang ke tempat pembuangan akhir dari rumah, masyarakat juga mendapatkan manfaat investasi yang dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan tidak memberatkan," kata Irwan di Bank Sampah Mutiara, Sabtu (3/7/2021).

Bagi warga yang belum menjadi nasabah tabungan emas Pegadaian, kata Irwan akan diberikan voucher untuk pembukaan tabung emas Pegadaian secara gratis.

"Kalau belum punya buku tabungan emas Pegadaian, akan kami berikan voucher gratis untuk pembukaan buku tabungan emas di Pegadaian. Sedangkan untuk yang sudah punya buku tabungan emas, tinggal datang ke Bank Sampah aja dan mengisi formulir," jelasnya.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan implementasi dan keterlibatan masyarakat agar lebih aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan minat investasi, maka Pegadaian mangadakan lomba Memilah Sampah Menabung Emas secara serentak di 70 Bank Sampah Binaan Pegadaian di seluruh Indonesia, terkhusus di wilayah kerja Pegadaian Kanwil Pekanbaru, akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Kota Batam, dan Kota Padang, pada tanggal 3 Juli s.d. 24 Juli 2021.

"Tata cara pelaksanaan, masyarakat mendaftarkan menjadi peserta lomba di Bank Sampah The Gade Clean and Gold. Masyarakat membawa sampah yang sudah terpilah dari rumah ke Bank Sampah The Gade Clean and Gold, setiap hari Sabtu, mulai tanggal 3 Juli s.d. 24 Juli 2021, dan akan ditimbang beratnya. Informasi dan pendaftaran Pekanbaru bisa hubungi Pak Akuan 0813-7116-1968 (Pekanbaru)," jelasnya.

Adapun empat jenis sampah yang akan ditimbang yakni, sampah plastik Rp3.000 per kg, sampah kertas Rp2.500 per kg, sampah kardus Rp2.000 per kg dan sampah logam Rp4.000 per kg.

"Nilai rupiah sampah yang ditimbang berdasarkan berat sampah tadi akan diubah ke Tabungan Emas di akhir periode lomba. Akan ada Juara pada 2 kategori ini. Untuk terpilih sebagai juara minimal berat sampah yang disetorkan 100.000," jelasnya.

Sedangkan, volume sampah terbanyak nantinya juara 1 akan mendapatkan hadiah Rp2.000.000, juara 2 Rp1.000.000, dan juara 3 Rp500.000.

Lalu, konversi nilai saldo tabungan emas terbanyak pada saat periode Lomba, hadiahnya, juara 1 Rp2.000.000, juara 2 Rp1.000.000 dan juara 3 Rp500.000.

"Selain itu, ada pula undian doorprize yang disediakan oleh Bank Sampah The Gade, dengan ketentuan setiap penyetoran 10kg sampah (berlaku kelipatan) di akhir periode lomba dengan hadiah seperti sepeda, TV, Kulkas, dan hadiah-hadiah hiburan lainnya," tukasnya. ***