TELUKKUANTAN - Masyarakat Desa Saik, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengaku bahagia mendapat pelayanan kesehatan dari mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan kuliah kerja nyata (Kukerta) di desa setempat. Mereka menyambut baik program sosialisasi Covid-19 dan cek kesehatan gratis dari mahasiswa tersebut.

Seperti yang diungkapkan Yeni Anista, warga Saik, yang menyambut baik kegiatan cek kesehatan dan sosialisasi Covid-19 dari mahasiswa Unri ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat. Pelayanan ini memang dibutuhkan oleh masyarakat Saik. Kami mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa yang peduli kesehatan masyarakat di tengah pandemi ini," ujar Yeni, Ahad (18/7/2021).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Unri membentuk tiga tim yang disebar ke seluruh pelosok desa. Menurut Ulfa Rahmadini, penanggung jawab kegiatan, cek kesehatan gratis akan dilakukan setiap pekan hingga akhir Agustus mendatang.

"Pendataan hasil cek kesehatan akan dilakukan secara tertulis dan menyeluruh, sehingga progres kesehatan masyarakat akan terlihat," ujar Ulfa.

Sementara itu, Refaldo Asta, Ketua Kukerta Desa Saik, menyatakan pihaknya sengaja melakukan pemeriksaan ke rumah-rumah guna menghindari kerumuman. Mereka juga mensosialisasikan pentingnya vaksinasi sebagai ikhtiar memutus mata rantai Covid-19.

"Alhamdulillah, Pemdes Saik sangat mendukung kegiatan ini," ujar Refaldo. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Refaldo mengucapkan terimakasih kepada Diskes Provinsi Riau yang turut membantu masker dan handsanitizer.***