PANGKALAN KERINCI – Memasuki era 4.0, SMA Plus Taruna Andalan di bawah naungan Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) memberikan pelajaran tambahan yang berkaitan langsung dengan industri, yakni PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Manager YKCK Drs. Jansen Yudianto mengatakan program ini diberi nama Industrial Vocational Education (IVE) dimana pembelajaran IVE ini untuk memperkenalkan peserta didik tentang operasional perusahaan RAPP.

"Selain itu memberikan pembelajaran kecakapan hidup berbasis kontekstual serta menyaring siswa berprestasi dalam IVE untuk diberikan bea siswa kuliah di perguruan tinggi sesuai yang direkomendasi perusahaan dan kembali bekerja di perusahaan," tuturnya.

Menurut Jansen, pembelajaran IVE sejalan dengan pembelajaran abad 21 yang mengutamakan Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Kreatif Thinking sehingga siswa dapat menghasilkan unjuk kerja berupa pembuatan karya ilmiah.

"Seluruh materi yang diajarkan mulai kelas X sampai kelas XII sudah terangkum dalam satu silabus yang disusun oleh tim pengajar dan ahli dari perusahaan. Silabus ini juga sudah disyahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto, menyambut positif pembelajaran ini. Melalui Wakil Korwas Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs. H. Basri , M.Pd telah menyerahkan rekomendasi program dan pembinaan l sekolah melalui SK 420/YKCK/Disdik/I/2019 terhadap SMA Plus Taruna Andalan untuk terus berkarya melalui peserta didiknya.

Dinas Pendidikan Provinsi Riau sangat mendukung program SMA Plus Taruna Andalan dalam mengembangkan program secara kontiniu, mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta sebagai penggerak perubahan menuju abad 21," tutupnya. ***