PEKANBARU - Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa baru Universitas Lancang Kuning (Unilak) telah dibuka sejak 1 April 2019 dan bisa diakses melalui smartphone. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unilak Junaidi.

"Kini calon mahasiswa baru dapat melakukan pendaftaran lewat smartphone," kata Junaidi di Pekanbaru, Rabu (3/4/2019).

Junaidi menuturkan pendaftaran online dapat diakses melalui laman https://pmb.unilak.ac.id. Untuk melakukan pendaftaran tersebut terdapat beberapa langkah yang harus diikuti peserta diantaranya yaitu, memilih jalur pendaftaran sesuai dengan kebutuhan, kemudian mengisi biodata diri.

Tahapan selanjutnya, para peserta melakukan verifikasi data serta para memilih prodi dan metode pembayaran. Untuk uang pendaftarannya sebesar Rp300.000 untuk biaya pendaftaran mahasiswa baru dan Rp500.000 untuk pendaftaran mahasiswa pindahan. Biaya tersebut dapat di transfer melalui Bank BTN, dan Bank Riaukepri.

Biaya pendaftaran ini dilakukan untuk mendapatkan virtual akun. Selain itu, peserta juga bisa melilih sistem kuliah yang diinginkan seperti sistem kuliah reguler A yang merupakan sistem kuliah Senin sampai Jum’at dan sistem reguler B dengan jadwal kuliahnya pada hari jum’at dan Sabtu.

Untuk jadwal pendaftaran itu sendiri di terbagi dalam dua gelombang yaitu, Gelombang I yang telah dimulai dari tanggal 1 April 2019 sampai 28 Juni 2019 sedangkan untuk pendaftaran Gelombang II dimulai dari tanggal 29 Juni 2019 sampai 9 Agustus 2019.

Sementara itu, bagi peserta yang ingin mendaftar secara langsung, hanya perlu datang ke kampus Unilak dengan membawa persyaratan yang telah tertulis dilaman pendaftaran. Kemudian mengambil formulir dan langsung langsung mengikuti rangkaian tes. Untuk pengumuman hasilnya dapat dilihat hari itu juga.

"Kalau mau langsung juga bisa, peserta tinggal datang dan membawa kelengkapan berkas pendaftaran. Mengambil formulis, dan mengikuti tes. Dan pengumumannya bisa dilihat hari itu juga," tambahnya.

Saat ini Unilak memiliki enam fakultas yaitu fakultas Ilmu Administrasi, Ekonomi, Teknik, Pertanian, Hukum, Ilmu Budaya, Kehutanan, Ilmu Komputer, Keguruan & Ilmu Pendidikan.

Serta 21 program studi termasuk program studi Magister. Diantaranya yaitu, program studi magester Ilmu Hukum , dan Manajemen.

Untuk program studi Strata 1 yaitu, Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Arsitektur, lmu Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, Kehutanan, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Sipil. ***