MEDAN - Ketua Umum KONI Pusat Letjend TNI (Purn) Marciano Norman ikut memuji semangat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam persiapan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Provinsi Aceh.

“Tadi saya mendengarkan paparan Sumatera Utara dan Aceh. Semangatnya sungguh luar biasa,” puji Marciano, saat mengunjungi Kantor KONI Sumut di Jalan Willem Iskandar Medan, Senin (15/2) sore.

“Terutama presentasi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang didampingi Wakil Gubernur (Musa Rajeckshah). Rencana dan persiapan yang sudah mereka lakukan membuat saya sangat gembira,” tambahnya.

Sebelumnya Marciano didampingi Sekjen KONI Pusat Ade Lukman beserta jajaran pengurus, melakukan rapat koordinasi mengenai persiapan PON 2024 dengan Menpora Zainudin Amali, Pemprovsu, Pemprov Aceh, KONI Sumut dan KONI Aceh di Hotel JW Marriott Medan.

“Saya akan memberikan dukungan sepenuhnya, apalagi PON XXI merupakan PON pertama yang berlangsung di dua provinsi. Jadi saya yakin pelaksanaannya nanti akan lebih baik,” kata mantan Kepala BIN dan Pangdam Jaya tersebut.

“Pasti semangatnya luar biasa, Sumatera Utara dan Aceh punya keunggulan masing-masing. Kedua provinsi tentu juga akan mengandalkan kearifan lokal,” tambah Marciano.

Kunjungan Ketum KONI Pusat dan rombongan diterima Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis beserta pengurus demisioner di antaranya Chairul Azmi, Sakiruddin, Yanto Pasaribu, Agung Santoso dan Mesnan.

John Lubis mengatakan bahwa KONI Sumut dan Aceh sudah membentuk Sekretariat Bersama untuk terus berkoordinasi dalam persiapan dan sukses tuan rumah bersama PON XXI Tahun 2024.

“Kita sudah laporkan tentang Sekber, Pak Marciano malah minta supaya KONI Pusat dimasukkan sebagai bagian. Jadi rapat koordinasi secara intensif untuk persiapan akan dilakukan dengan lokasi berpindah di antara Jakarta, Medan dan Banda Aceh,” jelas John Lubis. ***