TEMBILAHAN -Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk sekolah negeri dan swasta, Senin (15/2/2021).

Siswa dan siswi harus mengikuti protokol kesehatan (Prokes) sebelum mengikuti PTM terbatas yang masih diikuti oleh siswa kelas akhir.

Di sejumlah sekolah di Tembilahan menerapkan prokes yang sangat ketat kepada siswa, mulai dari gerbang sekolah siswa harus mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya oleh petugas sekolah.

Siswa dan siswi juga diatur sedemikian rupa agar tidak berkerumun di dalam ruangan kelas dengan menerapkan social distancing.

Satu orang siswa atau siswi hanya diperkenankan duduk sendiri dalam satu meja dengan jarak antara meja di dalam ruangan kelas sekitar satu meter.

Jumlah siswa dan siswi dalam satu kelas juga dibatasi hanya sekitar belasan anak didik dalam satu kelas, setiap anak didik juga wajib menggunakan masker selama PTM di dalam sekolah.

Pelaksanaan PTM terbatas perdana di Kabupaten Inhil pun terpantau aman dan lancar oleh Disdik Kabupaten Inhil.

Kepala Disdik Inhil, Dr H Muhammad Irwan melalui Sekretaris Disdik Inhil Faturrahman, menuturkan, tidak terdapat kendala berarti yang menghambat pelaksanaan PTM terbatas perdana ini.

"Sejauh yang kita pantau, Alhamdulillah bagus. Belum ada laporan siswa yang tidak mendapat izin dari orangtuanya, tapi bila ada, mereka boleh belajar dari rumah," ungkap Fatur kepada Tribun Pekanbaru.

Fatur menambahkan, Kepala Disdik Kabupaten Inhil telah memberikan surat edaran kepada seluruh sekolah untuk melaksanakan sistem PTM ini dengan melakukan simulasi terlebih dulu sebelum masuk sekolah pada hari ini.

"Pelaksanaan PTM tetap harus mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah. PTM khusus untuk kelas VI SD/MI, kelas IX SMP/MTs dan kelas XII SMA/MA dan SMK," imbuhnya.

Menurutnya, PTM harus sesuai dengan surat keputusan bersama 4 menteri, keputusan Bupati Inhil dan rekomendasi Tim Satgas Covid 19 daerah.

"Sistem pembelajaran dalam 1 harinya diterapkan hanya 4 jam. PTM akan di bagi sesuai dengan jenjangnya, SD/MI 4x35 menit, SMP/MTs 4x40 menit," pungkasnya.***