TELUKKUANTAN - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang sedang melaksanakan pengabdian kuliah kerja nyata (Kukerta) di Desa Simpang Tanah Lapang memberikan pemahaman kepada guru SMPN 1 Kuantan Hilir, Kuantan Singingi (Kuansing) tentang penggunaan aplikasi classroom.

Menurut Agel Purnomo, salah seorang peserta Kukerta, penggunaan aplikasi classroom sangat penting di masa belajar daring ini. Namun, hanya sedikit guru-guru di daerah yang paham dalam menggunakan aplikasi ini. Karena itu, sebagian sekolah memilih belajar luring.

"Nah, di SMPN 1 Kuantan Hilir kita bimbing para guru bagaimana menggunakan aplikasi classroom agar proses pembelajaran di masa pandemi berjalan lancar," ujar Agel, Senin (26/7/2021) pagi di Telukkuantan. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 22 Juli 2021.

Kegiatan ini disambut baik oleh guru, seperti yang disampaikan Oslan Dewata selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Kuantan Hilir. Pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Unri yang telah memperkenalkan aplikasi classroom.

"Biasanya kami hanya menggunakan WhatsApp. Kendalanya, ada siswa yang tidak memiliki smartphone. Sehingga, kami lebih memilih belajar luring. Dimana, para siswa diminta untuk datang ke sekolah seminggu sekali mengambil tugas," papar Oslan.

Kini, Oslan bersama guru akan berupaya menerapkan aplikasi classroom, agar proses pembelajaran semakin efektif. Oslan mengapresiasi mahasiswa Unri yang telah memberikan pengetahuan tentang Iptek.***