JAKARTA - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan memastikan pemerintah bertindak cepat dalam menangani penyebaran virus Corona varian Delta. Waktu pengambilan tindakan bisa berimbas pada nyawa rakyat.

Luhut memastikan perjuangan Indonesia melawan virus Corona varian Delta belum usai. Dia mengajak semua pihak bahu-membahu.

"Ini masalah kemanusiaan. Kita berbuat dengan cepat. Keterlambatan kita mengambil action, itu menyangkut berapa orang meninggal," kata Luhut dalam jumpa pers virtual pada Rabu (21/7/2021).

"Keresehan kita berpolitik untuk ini juga mengakibatkan orang meninggal," tambahnya.

Luhut juga berpendapat bahwa ribut-ribut politik juga bisa berimbas rakyat meninggal. Oleh sebab itu, dia mengajak semua pihak untuk bersatu dan mendukung kebijakan PPKM ini.

"Jadi kalau kita semua punya tanggung jawab untuk rakyat Indonesia, untuk konstituen kita, kita jaga sikap kita, kita dukung lah ini. Proses pengambilan keputusan, semua kami dengarkan," ucapnya.

Luhut mengaku sudah mengajak sederet pihak untuk berdiskusi termasuk para guru besar dari berbagai universitas. Dia memastikan data yang diambil sudah tepat.

"Percayalah bahwa kami melakukan yang terbaik. Tapi Delta Variant ini hal yang sulit dihadapi, memang itu nyatanya," kata Luhut.***