SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dua minggu menjelang pelaksanaan Tour de Siak 2014 pada 16-21 September nanti, sejumlah ruas jalan yang akan digunakan untuk lintasan balap sepeda ini akan tuntas. Puluhan pekerja harian lepas Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak, saat ini terus menggesa pengerjaan sejumlah badan jalan yang rusak.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak, Ir Irving Kahar MEng Kepada GoRiau.com, Rabu (3/9/14).

"Saat ini masih dalam pengerjaan, sebelum tanggal 15 September, semua ruas jalan untuk rute TdS tuntas," jelas Irving.

Tour de Siak tahun ini, kata Irving, memiliki empat etape yang digelar selama empat hari, 16-20 September. Untuk etape pertama, start di depan Istana Siak-Perawang-Siak, etape kedua, Siak- Simpang Dayun-Siak, etape tiga Siak-Sungai Apit-Siak dan etape empat mengelilingi Kota Siak sebanyak lima putaran.

Terkait anggaran untuk pengerjaan tambal badan jalan, lanjut Irving, digunakan dana perawatan jalan. Dimana sistem pengerjaan melalui program swakelola.

"Proyek ini kita yang kerjakan melalui program swakelola, buruh harian lepas kita ada 100 orang, tapi untuk pengadaan semua material, seperti aspal dan base tetap dilelang. Dengan swakelola ini, biaya jauh lebih murah," ujarnya.

"Kita punya alat Roat Mantenance Truck yang berfungsi sebagai pemeliharaan jalan, di Sumatera, hanya Siak yang punya alat ini," jelas Irving.

Pantauan GoRiau.com, ruas jalan Siak-Dayun-Perawang yang digunakan sebagai etape pertama, sedang diperbaiki sejumlah pekerja. Dibeberapa titik terlihat puluhan pekerja mengerjakan tambal sulam badan jalan yang rusak.

"Ada juga untungnya pelaksanaan TdS ini bagi warga, jalan yang sebelumnya rusak, harus diperbaiki. Sehingga, kondisi jalan kembali mulus," ujar Saleh, warga Dayun.(nal)