JAKARTA - Putaran nasional turnamen Piala Soeratin U15 untuk babak penyisihan grup telah dimulai. Genderang pertarung menggema. Piala Soeratin U15, diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari Asosiasi Provinsi PSSI.

Mereka dibagi dalam delapan grup dan bermain di empat Stadion berbeda. Sultan Agung Bantul dan Dwi Windu Bantul untuk Grup A sampai Grup D, untuk Grup E hingga H, bermain di Stadion Soebroto dan Gemilang, Magelang.

Mereka akan memulainya dari tanggal 16 hingga 21 Februari 2020 untuk babak penyisihan grup. Untuk pertandingan hari ini, lima tim berhasil memberikan kemenangan pada laga perdananya. Sedangkan dua tim bermain imbang.

Dua laga pembuka terjadi di pukul 08.00 WIB pada dua stadion berbeda. Sulawesi Selatan berhasil menang tipis 2-1 melawan Maluku, di Stadion Sultan Agung, Bantul. Kemudian bergeser ke Magelang, Lampung tampil perkasa, dengan mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor telak 3-0.

“Kemenangan kami dengan skor tersebut melawan Kalimantan Selatan, merupakan bukti kesiapan tim, yang sudah berlatih selama empat bulan, dan inilah hasilnya. Saya melihat lawan bisa tampil luar biasa selama 15 menit awal. Namun setelah itu, stamina mereka terlihat menurun, pemain kami bisa memanfaatkan keadaan itu, dan kami akan selalu membuat kejutan-kejutan di setiap pertandingan,” tegas pelatih kepala Lampung, Sudarto.

Pertandingan lain di Stadion Sultan Agung, Bantul adalah laga dari D.I Yogyakarta melawan Kalimantan Utara yang harus berakhir imbang 1-1. Terakhir, Sumatera Barat menang tipis 1-0 melawan Bangka Belitung.

Bergeser ke Magelang, pertandingan lain disini antara Jawa Tengah melawan Banten. Dimana Banten sukses memenangkan pertandingan dengan skor 3-1. Terakhir, Jawa Timur menang 3-0 atas Papua Barat yang tidak hadir di Stadion, tim ini pun dinyatakan kalah, karena hal tersebut.

Putaran nasional Piala Soeratin U15 ini berlangsung 2x30 menit, dimana ada waktu jeda selama 15 menit usai babak pertama pertandingan. Setelah babak penyisihan grup, akan berlangsung babak 16 besar yang bergulir di tanggal 22 dan 23 Februari 2020.

Kemudian, babak 8 besar di tanggal 24 dan 25 Februari 2020. Untuk Semifinal tanggal 27 Februari 2020 dan terakhir babak Final, berlangsung di tanggal 29 Februari 2020 terlaksana di Solo.

Hasil Pertandingan Babak Penyisihan Putaran Nasional Piala Soeratin U15

(16 Februari 2020)

D.I Yogyakarta 1-1 Kalimantan Utara

Sumatera Barat 1-0 Bangka Belitung

Sulawesi Selatan 2-1 Maluku

Jawa Tengah 1-3 Banten

Jawa Timur 3-0 Papua Barat*

Lampung 3-0 Kalimantan Selatan

Ket: Papua Barat tidak hadir di stadion