PEKANBARU – PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru yang meliputi area Pekanbaru, Padang, dan Batam, saat ini fokus menjaring nasabah milenial.

Kepala Departemen Produk Non Gadai PT Pegadaian Area Padang, Andra Junaidi mengatakan bahwa nasabah milenial khusus di area operasionalnya juga terpantau terus meningkat, sama halnya dengan di Pekanbaru.

"Nasabah milenial di Pegadaian Padang memang terjadi peningkatan dari hari ke hari dan ini menjadi prioritas. Adapun program-program yang kami luncurkan untuk nasabah milenial ini diantaranya ada program rencana emas untuk mempersiapkan tabungan pendidikan, pernikahan hingga rumah," kata Andra dalam acara Media Gathering Ngegas (Ngumpul Eksklusif Gapai Silaturahmi) Bareng Media PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru Area Pekanbaru dan Padang di The Ocean Beach Hotel, Jalan Wolter Monginsidi Nomor 4D/E Sumatera Barat, Minggu (17/7/2022).

Untuk mengakomodir nasabah milenial, Pegadaian pun terus berinovasi dengan mengembangkan sistem digitalisasi untuk mendukung transaksi dimana saja.

"Kalau nasabah yang tua, biasanya kalau mau transaksi pengen datang langsung ke kantor, tetapi berbeda dengan nasabah milenial. Mereka maunya bisa transaksi dimana saja, makanya kami banyak main di digitalisasi. Apa lagi agen-agen kami basisnya aplikasi. Sekarang bisa cukup download aplikasi Pegadaian Digital," jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dikeluarkan oleh Otoristas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, diketahui tingkat persentase literasi keuangan akan pembiayaan dengan lembaga pergadaian sebesar 17.81%, dan tingkat persentase inklusi keuangannya sebesar 12.38%. ***