SELATPANJANG – Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil melepas Pawai Takbir Idul Adha 1443 H yang diikuti oleh masjid, musala dan lembaga pendidikan, bertempat di depan Kantor Bupati, Jalan Dorak Selatpanjang, pada Sabtu (9/7/2022) malam.

Sebelum melepas pawai takbir, dalam sambutannya Bupati Adil mengucapkan syukur berharap momentum ini hendaknya mampu memupuk dan meningkatkan ukhuwah Islamiah dan silaturahmi antar sesama umat.

"Saya merasa bangga dan bersyukur atas kekompakan dan kebersamaan kita pada malam ini, hendaknya momentum ini dapat teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi modal utama dalam gerak langkah pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti yang kita banggakan," ungkapnya.

Kemudian, kata Adil, pada malam yang penuh keberkahan ini seluruh umat islam mengumandangkan takbir, tasbih dan tahmid dalam rangka mengagungkan, mengesakan dan memuji kebesaran Allah SWT.

"Sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT mari terus kita gemakan takbir, tasbih dan tahmid memuji kebesaran Allah SWT. Karena dengan melafazkan kalimat tersebut merupakan salah satu bentuk deklarasi keyakinan kita akan kebenaran dan kebesaran agama Islam," ujarnya.

Dia juga menyampaikan peringatan Hari Raya Idul Adha hendaknya menjadi landasan untuk membangun kebersamaan dalam menyukseskan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Karena sebuah kesuksesan pembangunan membutuhkan keterlibatan dan partisipasi semua pihak," ujarnya lagi.

Ia mengimbau kepada semua pihak untuk satukan tekad untuk menyukseskan Visi Misi Kabupaten Kepulauan Meranti, sehingga terwujudnya kemakmuran di negeri yang dicintai ini.

"Kita perlu menggali kembali hikmah ibadah qurban agar mampu meningkatkan jalinan solidaritas sosial dan tenggang rasa antar sesama manusia," ingatnya.

Pawai takbir Idul Adha tahun ini di pertandingkan dengan dua kategori yaitu kategori dewasa yang di ikuti oleh masjid dan musala, yang kedua kategori remaja yang di ikuti oleh lembaga pendidikan.

Pada acara lomba pawai takbir Idul Adha tahun ini pemenang kategori dewasa yang diikuti oleh masjid dan musala di menangkan oleh Masjid Ar-Rahmah pemenang 1, Masjid Muhajidin peringkat ke 2 dan masjid Al-Kausar peringkat ke 3.

Sedangkan untuk kategori remaja dari lembaga pendidikan dimenangkan oleh SMP N 4 Selatpanjang peringkat 1, dan SMP N 1 Selatpanjang peringkat 2.

Selian Bupati Adil dan istrinya Hj Rinarni, hadir juga Wabup AKBP (Purn) H Asmar didampingi istrinya Hj Ismiatun, Sekretaris Daerah, Bambang Suprianto, Kapolres AKBP Andi Yul LTG, serta sejumlah pejabat lainnya.***