PADANG - Semen Padang tidak bisa berleha-leha dan santai terlalu lama menikmati hasil kemenangan 2-1 di kandang Persija Jakarta, Rabu (16/10/2019) kemarin. Tim Kabau Sirah harus mengalihkan fokusnya untuk menghadapi Madura United yang bakal digelar Minggu (20/10/2019) besok di Stadion H. Agus Salim Padang.

Salah satu tim kepelatihan tim Semen Padang, Weliansyah mengatakan, hanya memanfaatkan waktu yang ada sebagai persiapan. Semen Padang hanya memiliki waktu persiapan selama tiga hari.

"Kami hanya melakukan maintenance kondisi pemain pada Jumat, sedangkan pada Sabtu baru kita melakukan latihan taktikal sebagai persiapan menghadapi Madura United, " ungkap Weliansyah, Jumat (18/10/2019) seperti dikutip dari Kompas.com.

Meski meraih kemenangan saat menghadapi Persija, tim pelatih sendiri tetap melakukan evaluasi. Beberapa kelemahan akan diperbaiki dan diharapkan tidak kembali terulang saat pertandingan melawan Madura United.

"Untuk evaluasi selalu kami lakukan seusai pertandingan. Apa yang masih menjadi kekurangan pada pertandingan tersebut akan kami perbaiki. Pada pertandingan melawan Persija kemarin salah satu hal yang nampak masih kurang adalah transisi permainan, " sebutnya.

Lawan Madura United, Semen Padang dalam kondisi yang bagus karena belum terkalahkan dalam lima laga terakhir, serta berhasil menang dari Persija di Bekasi.

Weliansyah mengingatkan pemainnya untuk tetap fokus dan tidak terlalu percaya diri. "Madura United tim yang bagus. Mereka banyak dihuni pemain yang berkualitas. Untuk itu para pemain harus tetap fokus, " ungkapnya.

Pada pertandingan pertama saat bermain di Madura, Semen Padang berhasil mendapatkan satu poin. Dengan hasil tersebut menurut Weliansyah Semen Padang tidak akan otomatis bisa menang mudah pada pertandingan nanti. Meratanya kemampuan individu pemain Madura United membuat Semen Padang harus mengawal setiap pemain yang dinilai membahayakan pertahanan Semen Padang.

"Pemain Madura United itu bagus-bagus seperti, Andik, Beto, Diego Asis dan lainnya. Tidak mungkin kita melakukan pengawalan kepada satu atau dua pemain saja, " ungkapnya.

Madura United tidak bisa menurunkan salah satu pemain andalannya, yaitu Slamet Nurcahyo. Weliansyah mengatakan kehilangan itu dinilai cukup menguntungkan Semen Padang.

"Namun kita tidak boleh lengah, karena tentunya mereka punya pemain pengganti. Bisa saja pemain penggantinya ini lebih berbahaya," ujarnya. (kpc)