BENGKALIS - Jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Bengkalis melaksanakan Dam (denda) berupa penyembelihan domba, Kamis (25/7/2019).Penyembelihan hewan ini merupakan konsekwensi dari Haji Tamatuk, yakni melaksanakan umrah wajib sebelum hari puncak haji di Arafah.

"Alhamdulilah pagi ini jamaah melaksanakan penyembelihan hewan ternak, berupa doma sebagai dam Haji Tamatuk," ungkap Ketua Kloter 10 Embarkasi Batam, Ibrahim.

Untuk menyaksikan prosesi penyembelihan hewan, JCH dibawa langsung ke Ankasiah km 14 Mekkah, Arab Saudi. Saat penyembelihan hewan, satu-persatu nama jamaah disebutkan.

Setelah prosesi penyembelihan hewan, selanjutnya jamaah dibawa menziarahi Jabal Rahmah, tempat bertemunya kembali Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah berpisah ratusan tahun usai diturunkan ke bumi dari surga karena memakan buah Kuldi.

Selama di Jabal Rahmah, jamaah tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut alias selfie.

Selain merziarahi Jabal Rahmah, jamaah juga diajak meninjau langsung Padang Arafah yang menjadi lokasi wukuf pada pelaksanaan puncak haji. Hal ini dilakukan, agar jamaah mengetahui dan mengenal langsung lokasi saat wukuf di Padang Arafah.***