TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembali meliburkan sekolah sampai pada Rabu, 30 September mendatang. Diliburkannya sekolah dikarenakan semakin tebalnya kabut asap menyelimuti Kuansing.

"Besok, seluruh sekolah diliburkan, mulai dari TK sampai SMA. Namun demikian, guru-guru tetap hadir ke sekolah," ujar Kepala Disdik Kuansing, Jupirman kepada GoRiau.com, Minggu (27/9/2015) siang di Pangkalan Indarung, Singingi.

Dikatakan Jupirman, kebijakan meliburkan siswa diambil demi kesehatan. Sebab, kabut asap sangat pekat menyelimuti Kuansing sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Apalagi anak-anak, sangat rentan terserang penyakit yang disebabkan kabut asap," ujar Jupirman.

Walau anak tidak sekolah, pemerintah berharap para orangtua agar menjaga anak-anak di rumah. Jangan ada anak yang dibiarkan berkeliaran bebas di luar ruangan.

"Tujuan kita untuk mencegah terkena ISPA, tapi kalau anak-anak berkeliaran di luar rumah, percuma jadinya kita meliburkan. Berarti orangtua tidak sayang terhadap anak-anak mereka," ujar Jupirman yang meminta kesadaran orangtua dalam menjaga anak-anak ketika berada di rumah.

"Kalau di rumah, orangtua bisa menjaga anak dan tentu bisa memberikan pembelajaran. Sehingga, materi pembelajaran di sekolah tidak tertinggal," lanjut Jupirman. Ia juga meminta para guru untuk memberikan bahan bacaan kepada siswa selama libur.(***)