TELUKKUANTAN - Rombongan Komisi C DPRD Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah mengunjungi 15 kecamatan yang ada. Hal ini dilakukan untuk memantau penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2016.

Dalam monitoring tersebut, rombongan Komisi C yang diketuai oleh Andi Nurbai berdialog dengan Camat serta para kepala desa. Topiknya, menyangkut pelaksanaan ADD.

"Kesimpulannya, pelaksanaan ADD di Kuansing berjalan baik. Hanya saja terdapat masalah seperti administrasi, perencanaan pembangunan dan spek bangunan fisik," ujar Andi didampingi anggotanya seperti Adam, Weri Naldi, Andi Cahyadi, Darmizar, Andi Manzauri, Rino Elpando, Solehudin, Maruli Tamba, Warsono, Masran Ali dan Alhamra.

"Semua desa hampir memiliki masalah yang sama dan pada prinsipnya, kita turun ingin membantu pemerintahan desa dalam mengelola ADD," ujar Andi akhir September lalu.

Kendala pelaksanaan di lapangan sesuai keluhan desa, kata Andi, masih  kurangnya pemahaman sistem tata kelola administrasi pencairan dana dan masalah penyelesaian SPJ, sehingga pihak desa meminta bantuan pihak lain.

"Ke depan, kita berharap adanya pelatihan bagi pengguna ADD sehingga mereka lebih paham dalam memanfaatkannya," pungkas Andi. *** #KUANSING