PELALAWAN - Koperasi Unit Desa (KUD) binaan PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri), KUD Karya Bersama, melakukan tumbang perdana di Desa Air Emas, Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, yang menandai dimulainya peremajaan kebun sawit rakyat seluas 286 hektar hari ini.

Program peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting yang dilakukan petani mitra Asian Agri bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit tanpa membuka lahan baru. Tumbang perdana ini sebagai awal peremajaan tanaman kelapa sawit yang sudah tidak produktif untuk diganti dengan tanaman baru menggunakan bibit unggul Topaz.

Penggunaan bibit unggul dalam peremajaan kebun sawit adalah salah satu faktor utama yang dapat membantu mengoptimalkan produktifitas kebun kelapa sawit.

Acara tumbang perdana ini ditandai dengan penumbangan perdana pokok kelapa sawit. Kegiatan tumbang perdana ini dihadiri oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan, Demsi Suridal, Camat Ukui, Tri Arso Jatmiko, Kepala Desa Air Emas, Agus Pamuji, Ketua KUD Karya Bersama, Hendra Susilo Santoso, perwakilan manajemen PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri), Group Manager Ukui, Dedy Raynold Pardede beserta seluruh staf Plasma Asian Agri, bersama seluruh ketua Kelompok Tani di bawah naungan KUD Karya Bersama.

“Tantangan terbesar proses peremajaan Generasi pertama ini hingga berhasil melakukan tumbang perdana adalah, petani masih beranggapan bahwa kelapa sawit berumur 32 tahun masih produktif. Sebenarnya kelapa sawit ini sudah saatnya untuk di remajakan karena produksinya yang sudah mulai menurun dan pokok sawit yang sudah sangat tinggi, sehingga perlu diremajakan agar mendapatkan hasil yang lebih tinggi” jelas Ketua KUD Karya Bersama, Hendra Susilo Santoso.

Kepala Desa Air Emas, Agus Pamuji sebagai Pemerintah setempat, memberikan dukungan kepada para petani sawit serta mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini “Semoga peremajaan kelapa sawit KUD Karya Bersama dapat dikawal bersama sehingga dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu Manager Plasma kebun Ukui Hendra Saragih, sebagai Pembina Petani Plasma Asian Agri mengatakan “Permejaan perdana ini merupakan harapan kita bersama dan sesuai dengan salah satu visi Asian Agri, senatiasa berkontribusi kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah petani sawit melalui program kemitraan. KUD Karya Bersama merupakan KUD ke empat yang melaksanakan peremajaan dengan PT Inti Indosawit Subur”. ***