TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau untuk saat ini sudah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19. Bahkan, Kuansing berada di zona kuning dengan kategori resiko rendah penularan Covid-19.

Hal itu disampaikan Agusmandar, Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Kuansing, Kamis (19/11/2020) di Telukkuantan.

"Kuansing saat ini sudah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 dan saat ini berada di zona kuning dengan kategori resiko rendah," ujar Agusmandar.

Turunnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kuansing tak terlepas dari usaha yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19. Mulai dari sosialisasi yang dilakukan secara masif hingga penanganan klinis pasien positif Covid-19.

"Agar posisi Kuansing bisa mencapai zona hijau, setidaknya mempertahankan zona kuning ini, kita imbau masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Agusmandar.

Protokol kesehatan yang paling penting diterapkan yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan di air mengalir.

"Kalau bisa hindari kerumunan. Sehingga, kita benar-benar searah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Agusmandar.

Kendati Kuansing berada di zona kuning, kasus positif masih muncul. Seperti pada Rabu (18/11/2020), Gugus Tugas Covid-19 Kuansing mengkonfirmasi penambahan tujuh kasus baru.

Adalah Tn. AP (36) warga Kuantan Tengah, Tn. S (43) warga Hulu Kuantan, Ny. FA (39) warga Kecamatan Benai, An. MRB (9) warga Kecamatan Kuantan Mudik, Ny. Y (58) warga Kuantan Mudik, Ny. IN (32) warga Kuantan Mudik dan Ny. RR (29) warga Kecamatan Singingi.

Dengan penambahan tujuh kasus tersebut, total kasus positif di Kuansing mencapai 360 kasus. Dengan rincian 25 orang jalani isolasi mandiri, lima orang dirawat di RS, 320 orang sembuh dan 10 orang meninggal dunia.***