MANILA - Dua petinju Indonesia yakni Kornelis Kwangu Langu dan Endang melaju ke babak final setelah mengalahkan lawan-lawannya dalam pertandingan yang digelar di Philipine International Convention Centre (PICC) Manila, Filipina, Jumat (6/12/2019).

Tampil di semifinal kelas Layang Ringan (46-48kg) putra, Kornelis Kwangu Langu tampil agresif. Dia tidak memberikan petinju Kamboja, Rangsey Sao mengembangkan permainannya dan cukup banyak pukulan telak yang dilepaskannya.

"Ya, saya memang sengaja tampil agresif dan tidak memberikannya ruang pukul agar permainannya tidak berkembang. Saya senang bisa tampil di babak final," kata Kornelis yang ditemui usai pertandingan.

Di final, Kornelis akan menghadapi petinju tuan rumah, Filipina, Carlo Paalam yang menyingkirkan petinju Malaysia, Moh Redzuan Muhammad Fuad dengan skor 5-0.

Sukses Kornelis diikuti petinju putri, Endang yang juga turun di kelas Layang Ringan (45-48kg) putri. Dia sukses mengalahkan petinju Myanmar Aye Nyien Htoo dengan skor 5-0. Di final, Endang akan menghadapi petinju Josi Gabuco (Filipina) yang menang atas Diem Kieu Trinh Thi (Vietnam) dengan skor 5-0.

Sementara itu, Grece Savon Simangunsong yang turun di kelas Menengah Ringan (69kg) harus puas meraih medali perunggu, Di semifinal, anak mantan petinju nasional, Hendrik Simangunsong ini kalah angka dari petinju Thailand, Wuttichai Masuk.

Ketua Umum PB Pertina, Jhony Asadoma yang langsung menyaksikan pertandingan mengapresiasi keberhasilan Kornelis dan Endang melaju ke final. Dia berharap kedua petinju mampu mempersembahkan medai emas. "Kita sudah berhasil meloloskan Kornelis dan Endang ke final. Semoga mereka bisa meraih kemenangan di final nanti," katanya.

Indonesia masih menyisakan dua petinju lagi di babak semifinal yakni Farrand Papendang dan Hasana Huswatun. Farran akan menghadapi petinju Thailand Pidnuch Khunatip (Thailand) di kelas Ringan (60kg) dan Hasana akan bertemu petinju tuan rumah, Pasuit Riza di kelas Ringan (60kg) putri. ***