PEKANBARU – Konvoi motor Gede (Moge) melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Sabtu (2/7/2022). Konvoi itu juga dikawal oleh pengawalan dari Ditlantas Polda Riau.

Aksi itu sontak memancing pertanyaan ditengah masyarakat, apakah Moge boleh melintas di Jalan Tol. Terlebih jalan tol yang belum beroperasi.

Menjawab pertanyaan tersebut, Dirlantas Polda Riau, Kombes Firman Darmansyah menyebutkan, konvoi Moge itu merupakan peserta event Nasional Sumatra Bike Week di Sumatra Barat.

“Kalau menurut saya boleh saja, karena Tol Bangkinang kan belum di resmikan, sama seperti Tol Dumai dulu sebelum diresmikan masih bisa dipakai buat alternatif sepeda motor. Bahkan, sepeda balap pun masih boleh masuk, kecuali tol tersebut sudah diresmi dan kendaraan umum sudah masuk, baru lah tidak boleh sepeda motor dan sepeda balap masuk Tol,” ucap Firman kepada GoRiau, Minggu (3/7/2022).

Selain itu, Firman menegaskan melintasnya Moge rombongan Ivent itu di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang juga sudah mengantongi izin dari penyelenggara tol.

“Selama dapat izin dari pihak HK bisa saja, karena belum resmi dan masih kososng. Terlebih, mereka itu ikut acara undangan Sumatera Bike Week di Sumatera Barat, event nasional, jadi bukan mau hura-hura atau mau gaya-gayaan gitu lah,” tutup

Terpisah Branch Manager Ruas Tol Permai, Indrajana juga menyebut hal itu tidak bermasalah karena Tol Pekanbaru-Bangkinang memang belum beroperasi.

“Intinya, yang pasti bukan di Tol Pekanbaru - Dumai yang sudah beroperasi,” tegasnya. ***