SELATPANJANG - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepulauan Meranti bukan saja bergerak dibidang bela diri akan tetapi juga bergerak dibidang sosial kemasyarakatan. Hal itu terbukti dengan beberapa kali kegiatan sosial yang telah dilaksanakan oleh Pengkab IPSI Kepulauan Meranti sepanjang tahun 2019 ini, termasuk pembagian 2000 masker kepada masyarakat pengguna jalan, kegiataan dilaksanakan didepan Sekretariat IPSI,  jalan Diponegoro, Selatpanjang, Minggu (15/9/2019).

Sadli, salah seorang warga Selatpanjang yang mendapatkan pembagian masker tersebut mengaku salut dengan Pengkab IPSI Kepulauan Meranti, menurutnya kegiatan sosial ini biasanya dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan atau lembaga sosial lainnya dan biasaya kegiatan-kegiatan ini juga sering dilakukan oleh para mahasiswa, namun kali ini sedikit berbeda dan ini baru kali pertama Ia menemukan organisasi bela diri yang melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti ini.

"Kegiatan ini tentunya bisa memotivasi kita semua untuk tanggap dan peduli terhadap apa yang di alami oleh masyarakat banyak, artinya IPSI Kita bukan bergerak dibidang bela diri tapi juga bergerak di bidang sosial. Ini tentunya jarang-jarang kita dengar ada organisasi tertentu yang bergrak di bidang sosial kemasyarakatan seperti ini," ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan sosial bagi-bagi maskert tersebut, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)Kabupaten Kepulauan Meranti  Hendrizal alias Bocang, sekretaris Umum Yusli SE, serta pengurus lainya Iwan, serta sejumlah peruguruan Pencaksilat yang ada di Kabupaten kepulauan Meranti, serta ketua abor FORKI Ides.

Tidak mau hanya berpangku tangan Ketum KONI Meranti Hendrizal bersama Ketum IPSI serta sejumlah pengurus lainnya turun kejalan untuk ikut membagi-bagikan masker kepada masyarakat penguna jalan. Menurut Hendrizal pihak KONI Kabupaten Kepulauan Meranti tentunya sangat mendukung kegiatan sosial yang dilakoni oleh Pengkab IPSI kali ini.

"Ini merupakan kegiatan yang positif, kita tentunya memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan Pengkab IPSI Kepulauan Meranti, semoga apa yang dilakukan oleh teman-teman Pengkap IPSI ini akan mendapat ridho dari Allah SWT," harapnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) kabupaten Kepulauan Meranti Rony Samudra SH, mengakui kegiatan sosial tersebut tidak direncanakan sama sekali, hal itu terjadi secara spontanlitas dimana dilihat apa yang berjadi saat ini, mengingat saat ini kota Selatpanjang dilanda kabut asap kiriman yang bisa menganggu kesehatan semua, dan saat itu pihaknya kepikiran untuk membagikan masker kepada masyarakat  dan berkoordinasi dengan seluruh pengurus IPSI dan setelah disepakati bersama kegiatan ini dilaksanakan.

"Apapun organisasinya boleh-boleh saja untuk melakukan kegiatan sosial termasuk IPSI sendiri, namun tentunya sesuai dengan kemampuan kita. Kalau kita hanya mampunya untuk membagi-bagikan masker maka itu akan kita lakukan, kita dari IPSI akan selalu ingin berbuat yang terbaik untuk IPSI masyarakat dan Kabupaten yang kita cintai ini," ungkapnya. (rls)