PEKANBARU – Guna memantau kinerja pemerintah dalam melayani urusan pembayaran pajak, Komisi III DPRD Riau melaksanakan Kunjungan Insidentil (Kuntil) ke Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Kota Dumai, Jumat (15/7/2022).

Wakil Ketua Komisi III, Zulkifli Indra, mengatakan, dalam kunjungan ini, pihaknya ingin memastikan capaian target pajak kendaraan bermotor untuk tahun penerimaan pajak tahun 2022 ini.

Kemudian, pihaknya juga ingin mengetahui potensi pendapatan daerah dari sektor pajak Air Permukaan, sebagai salah satu inovasi terbaru untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) di Provinsi Riau. Sekaligus, melakukan pemantauan dan pengawasan kinerja Samsat yang ada di Riau, khususnya Kota Dumai.

Dalam kunjunganya, rombongan diterima langsung oleh Kepala UPT Samsat Dumai, Raja Saspi Kurniawan, yang baru saja diamanahkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Hadir juga saat itu Kanit Regident Lantas Polres Dumai Iptu Andri dan Kepala Perwakilan Jasa Raharja Rudi Elvis

"Kami mengunjungi kantor Samsat ini untuk memastikan target penerimaan pajak kendaraan bermotor, apa sudah sesuai target atau tidak. Gali terus potensi pendapatan daerah dari sektor pajak Air Permukaan. Mengoptimalkan pendapatan asli daerah dari segala sektor harus dilakukan," ungkap Zulkifli, Sabtu (16/7/2022).

Politisi Partai Demokrat Riau itu meyakini, jika seluruh petugas UPT Samsat Dumai bekerja maksimal, PAD Provinsi Riau dan Kota Dumai bisa lebih baik lagi kedepannya. 

“Maka itulah kami terus melakukan pemantauan ke seluruh UPT Samsat di Riau. Karena, disini adalah salah satu tulang punggung PAD Riau," kata Zulkifli Indra

Zulkifli juga mendesak, agar UPTD Samsat yang ada di Riau meningkatkan pelayanan secara optimal, agar wajib pajak tidak terlalu lama menunggu penyelesaian urusan bayar pajak kendaraan bermotor.

"Rekan media pasti tahuk, bahwa pajak kendaraan dan BBNKB adalah salah sumber pendapatan daerah  terbesar untuk  PAD. Karena itu, pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak harus maksimal, termasuk di Kota Dumai ini," ucapnya.

Sementara itu Kepala UPT Samsat Dumai, Raja Saspi Kurniawan menyebutkan, dirinya memang baru menjabat di Dumai. Tapi, dirinya sedang membuat catatan keluhan utama masyarakat dalam membayar pajak.

"Terimakasih atas kunjungan Komisi III DPRD Riau yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III, Pak Zulkifli Indra. Masukannya menjadi catatan kami dalam meningkatkan PAD. Intinya, kami tidak akan biarkan wajib pajak terlalu lama menunggu hingga akhirnya jadi malas membayar pajak," pungkasnya.***