JAKARTA – Lina Medina tercatat sebagai ibu termuda di dunia sepanjang sejarah. Wanita asal Ticrapo, Peru ini melahirkan saat usianya baru 5 tahun, 7 bulan 21 hari.

Dikutip dari Kompas.com, kisah bermula pada April 1939, ketika Medina dibawa ke Rumah Sakit Pisco oleh kedua orang tuanya. Mereka merasa cemas karena menduga gadis kecil itu menderita tumor besar yang tumbuh di perutnya.

Tetapi, setelah mengevaluasi kondisi Medina, dokter justru menemukan hal lain yang tak kalah mengejutkan. Dokter menemukan bahwa Medina sebenarnya tengah hamil sekitar tujuh bulan.

Kemungkinan Korban Pemerkosaan

Medina diduga menjadi korban pemerkosaan yang identitas pelakunya tidak dapat dikonfirmasi. Edmundo Escomel dokter dan peneliti dalam publikasinya di jurnal La Presse Medicale edisi Mei 1939 menyebutkan bahwa Medina yang berusia 5 tahun tidak dapat memberikan tanggapan yang tepat atas pertanyaan mengenai peristiwa tersebut.

Medina akhirnya melahirkan bayi laki-laki seberat 2,7 kilogram pada 14 Mei 1939 di sebuah rumah sakit di Lima. Bayi itu hanya bisa dilahirkan melalui prosedur operasi caesar karena ukuran panggul Medina yang kecil.

Bagaimana Medina bisa hamil?

Banyak pihak bertanya-tanya, bagaimana mungkin anak berumur 5 tahun dapat hamil. Selama prosedur, dokter membiopsi sampel jaringan dari salah satu ovarium Medina dan menemukan bahwa jaringan tersebut mirip dengan wanita dewasa.

Medina awalnya dilaporkan mulai menstruasi pada usia 3 tahun, namun laporan selanjutnya menyatakan bahwa ia mengalami menstruasi pertamanya pada usia 8 bulan.

Laporan yang diterbitkan pada bulan Desember 1939 kemudian memaparkan teori Escomel mengapa Medina bisa hamil di usia anak. Seorang anak mulai pubertas yang luar biasa dini karena beberapa gangguan pada kelenjar pituitari. Kelenjar berbentuk kacang di dasar otak itu mengatur produksi hormon seks tubuh.***