JAKARTA – Jenazah Ketua Dewan Pers yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah (UIN Syahid) Prof Azyumardi Azra dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan hari ini, Selasa (20/9/2022).

Dikutip dari Kompas.com, jenazah cendekiawan Muslim itu tiba di TMP) Kalibata, Selasa pagi. Sebelum dibawa ke TMP Kalibata, jenazah Azyumardi Azra didhalatkan di kampus UIN Syahid.

Berdasarkan pantauan, ambulans yang membawa jenazah Azyumardi tiba di TMP Kalibata pukul 08.18 WIB. Prosesi pengeluaran jenazah dari ambulan berlangsung hingga pukul 08.35 WIB.

Jenazah dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP Kalibata, pukul 09.00 WIB.

Sejumlah tokoh terlihat menghadiri pemakaman cendekiawan asal Minangkabau itu, yakni Menko Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH. Nasaruddin Umar. Terlihat juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebelumnya, pada Senin malam, jenazah sang cendikiawan tiba di Gedung Human Remains Transit Lounge Bandara Soekarno Hatta setelah diterbangkan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejumlah tokoh menghadiri prosesi penyerahan jenazah, seperti mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Selepas itu, jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Cirendeu, Tangerang Selatan.

Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya mengatakan bahwa pemakaman Azyumardi Azra digelar dengan upacara militer.

Azyumardi Azra wafat saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Ahad (18/9/2022).***