PEKANBARU - Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo akan membuka Focus Group Discussion (FGD) Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) di Provinsi Riau, yang digelar di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman Pekanbaru, Riau, Senin (13/6/2016). Rencananya, acara dimulai usai salat Zuhur, pukul 13.00 WIB dan berakhir menjelang berbuka puasa.

Hal itu diungkapkan Koordinator Peneliti IKP Riau Hasan Basril, di Hotel Pangeran, Minggu malam. Menurut Hasan, FGD IKP ini digelar untuk memvalidasi data hasil penelitian yang telah dilakukan tim peneliti IKP Riau, yakni Hasan Basril, Yudi Saputra, Fahrurrodzi dan Yola Ristiana Vidiani.

Dijelaskan Pemimpin Redaksi GoRiau.com tersebut, selain membuka FGD IKP, Ketua Dewan Pers juga akan menjelaskan gambaran umum tentang kebebasan pers di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang tujuan dan metodologi IKP, yang akan disampaikan peneliti IKP dari Dewan Pers, Anton Prajasto.

Disambung dengan pemaparan tentang gambaran umum kebebasan pers di Provinsi Riau, yang akan disampaikan Koordinator Peneliti IKP Riau Hasan Basril. ''Saya nanti, mewakili tim peneliti IKP Riau akan memaparkan gambaran umum kebebasan pers di Riau,'' ujar Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru tersebut.

Setelah itu, dilanjutkan dengan FGD IKP yang akan diikuti 14 informan ahli dari beragam profesi. ''Kita berharap FGD ini berjalan lancar, sehingga selesai menjelang berbuka puasa. Kegiatan akan ditutup dengan berbuka puasa bersama antara para informan ahli dengan tim dari Dewan Pers dan tim peneliti IKP Riau,'' tandasnya. rat