PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir meminta Pemerintah mengambil tindakan cepat dalam mengantisipasi tingkat penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin meluas, dan tingkat kematian juga tinggi.

Hal tersebut dikatakan Politisi Hanura ini menanggapi rencana Pemerintah Provinsi Riau yang menyewa hotel di Pekanbaru sebagai tambahan ruangan untuk pasien Covid-19 yang harus menjalankan isolasi mandiri.

"Iya memang kami dengar dari Dinkes dan RSUD memang ruangan sudah hampir full. Menurut saya, jangankan hotel, semua gedung pemerintah yang fungsinya kurang optimal kami sarankan untuk dijadikan tempat isolasi bagi pasien Covid-19," kata Legislator Dapil Pekanbaru ini kepada GoRiau.com, Kamis (17/9/2020).

Saran ini, lanjut Kasir, lebih baik daripada harus menyewa hotel, sebab jika menyewa hotel maka anggaran yang dikeluarkan tentu akan lebih besar ketimbang memanfaatkan fasilitas gedung yang ada.

Kasir mencontohkan, banyak gedung-gedung bekas Pesta Olahraga Nasional (PON) 2012 yang saat ini tidak berfungsi optimal. Itu bisa dijadikan sebagai tempat menampung pasien Covid-19.

"Sekarang pasien sudah membludak, tingkat kematian tinggi, dokter kurang, semua jadi masalah. Pemerintah harus segera mengambil tindakan, pemerintah kan diberi kewenangan menggeser anggaran dan lainnya, apa yang bisa dikerjakan, kerjakanlah," tambahnya.

Namun, Kasir mengingatkan, terkait perlengkapannya seperti tempat tidur dan lainnya harus juga di lengkapi dengan fasilitas yang membuat pasien nyaman, jangan pula yang asal-asalan.

"Semua gedung milik pemerintah bisa digunakan, kalau hotel kan harus menyewa, kita pakai aja yang milik pemerintah. Intinya jangan sampai fasilitasnya tidak layak pula, nati pasien tidak nyaman, makin menjadi-jadi nanti," tutupnya.***