JAKARTA - Dirjen Ilmate Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Taufiek Bawazier menyatakan, Kemenprin RI mendukung implementasi program Polisi 4.0 usungan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit.

"Kami merespon positif rencana program Polisi 4.0, karena sejalan dengan program prioritas peta jalan 'Making Indonesia 4.0' yang juga akan mendukung sektor industri elektronik dan telematika," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Taufiek Bawazier di Jakarta, Minggu (23/1/2021).

Menurut dia, transformasi digital di Polri bakal memberi dampak positif pada inovasi dan pertumbuhan sektor industri di dalam negeri, terutama industri penghasil hardware dan software untuk artificial intelligence (AI).

"Pemanfaatan teknologi AI untuk Kepolisian seperti Automatic License Plate Recognition (ALPR) dapat mengurangi beban Polri dalam memonitor pelanggaran di jalan. Selain itu, pemanfaatan surveillance equipment seperti drone dapat menumbuhkan industri dalam negeri sekaligus membantu kepolisian dalam tugas mengurangi criminal rate dan memberi pelayanan terhadap masyarakat lebih optimal," ujar Taufiek dalam keterangan tertulis.***