DURI - Alumni yang sukses biasanya akan menjadi teladan bagi adik-adiknya yang masih menimba ilmu di jenjang pendidikan tingkat SMA sederajat. Begitu juga lulusan SMA Cendana Duri yang kini sudah berhasil dan tersebar di berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia.

Para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Cendana Duri (IACD) sengaja menggagas suatu kegiatan yang bernilai positif untuk dijadikan teladan oleh adik-adiknya. Kegiatan itu mereka beri nama 'Alumni Berbagi Inspirasi'.

IACD Regional Jakarta ini mendatangkan sejumlah alumni dari berbagai profesi untuk menjadi inspirator pada kegiatan yang berlangsung di Movie, komplek Chevron Duri, Senin (30/7/2018).

Acara yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Cendana Duri ini juga dihadiri oleh para guru yang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dimana kegiatan itu bertujuan untuk membangkitkan gairah anak didiknya menatap masa depan yang terbilang dan cemerlang.

Kepala SMA Cendana Duri, Dra Wiselmi mengatakan informasi, pengalaman yang dimiliki para alumni sangat berguna sekali bagi anak didiknya di Cendana. Bahkan bisa dijadikan teladan, motivator yang berpengalaman.

"Dengan apa yang disampaikan para alumni, tentunya siswa-siswi SMA Cendana tidak ragu lagi dalam menentukan sikap untuk menggapai cita-cita. Yang harus dipahami adalah potensi diri sendiri, bukan karena ikut-ikutan," kata Wiselmi kepada GoRiau.com.

Tim Direktorat Yayasan Cendana, Wartoni menyebutkan banyak pelajaran yang bisa diambil dalam pertemuan dengan alumni ini. Bahkan yayasan berharap kedepannya akan lahir konsorsium bernama Cendana yang pendirinya juga berasal dari alumni SMA Cendana Duri.

"Kami yakin dengan hadirnya wadah IACD ini mampu siswa-siswi SMA Cendana Duri tidak ragu lagi untuk menyongsong masa depan. Banyak pengalaman serta inspirasi dari anggota IACD yang bisa ditularkan kepada ananda semua," sebut Wartoni dalam kesempatan yang sama.

Siswa dan siswi terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan Alumni Berbagi Inspirasi tersebut. Bahkan dalam kesempatan tanya jawab, para siswa saling berebut ingin mengajukan pertanyaan terkait kiat-kiat para alumni dalam meraih cita-citanya.

"Untuk bisa masuk ke sekolah akademi militer itu tentu tidak mudah, tingkat kesulitannya di atas rata-rata. Bagaimana cara kakak dan abang hingga bisa lulus," kata Arya siswa kelas XI IPA 3 pada kesempatan itu.

Untuk sesi pertama narasumber yang didatangkan pantia acara Alumni Berbagi Inspirasi yakni Kapten Okto Nurhidayat, pilot Garuda Indonesia yang sudah memiliki jam terbang hingga 12 ribu jam.

Selanjutnya AKP Robi, alumni Cendana Duri angkatan 2005 yang kini menjabat sebagai Kanit Dirpolda Metrojaya, M Chandra yang juga lulusan Akpol tahun 2017 serta Rizki Fitri Enterprenuer yang memiliki usaha Martabak Juragan di sejumlah Kota di Riau.

"Masih banyak beberapa narsumber lainnya yang kita datangkan untuk sesi kedua. Selain itu juga beberapa video alumni yang sudah berhasil seperti atlet internasional, pramugari, guru dan profesi lainnya juga kami tampilkan," kata Ketua Panitia acara, Ayu kepada GoRiau.com.

Kegiatan bertema Alumni Memanggil ini, kata Ayu berawal dari ide alumni Cendana di Jakarta dalam beberapa kali kegiatan reuni. Keinginan membuat suatu kegiatan yang bermanfaat bagu adik-adik di bangku SMA Cendana Duri.

"Maka dilakukanlah survei pada bulan Maret lalu, dan ternyata ada sekitar 58 persen adik- adik di Cendana yang belum bisa menentukan pilihannya ingin menjadi apa setelah lulus SMA atau perguruan tinggi. Di acara ini banyak pengalaman alumni yang bisa dibagikan," terangnya.

Semua narasumber yang dihadirkan juga mendapat cenderamata dari pantia yang diserahkan langsung oleh ketua IACD, M Furkon dan dilanjutkan foto bersama dengan Kepala SMA Cendana Duri serta pihak yayasan Cendana. ***