DHARMASRAYA - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Sumatera di Kenegarian Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Rabu dini hari (24/07/2019). Akibatnya dua orang tewas.

Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir, melalui Kasatlantas Polres Dharmasraya Iptu Agus Salem yang didampingi Kanit Laka Iptu Azriman yang temui di ruangan Satlantas Polres Dharmasraya Rabu siang (24/07/2019) mengatakan, kecelakaan terjadi antara dump truk Hino tronton BA 8986 JU yang dikemudian Ardo R (23) dengan bus PO Yoanda Prima BG 7000 I yang dikemudikan Anton (48).

Ketika itu, Dump Truck Hino tronton Nopol BA 8986 JU yang di kemudikan oleh Ardo R datang dari arah Padang menuju Muaro Bungo dengan kecepatan sedang dalam keadaan kosong.

Sesampainya di TKP dari arah berlawanan datang kendaraan bus PO Yoanda Prima Nopol BG 7000 I yang dikemudikan Anton dengan kecepatan tinggi karena mendahului kendaraan Bus PO NPM Nopol BA 7214 UU yang dikemudikan oleh Alek Saputra berkecepatan sedang.

Saat di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), jarak yang sudah begitu dekat maka tabrakan pun tidak bisa dihindari. Akibat kecelakaaan tersebut kedua kendaraan mengalami rusak berat dan dua orang meninggal dunia.

Dua korban meninggal dunia merupakan penumpang dari Bus PO Yoanda Prima, Agusman (48) warga Lasuang Takuik Indah RT 005 RW 004 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang dan Novelia Irawan (25) warga MTsN Koto Nan Ampek Payakumbuh.  

Sedangkan korban yang mengalami luka berat dan korban luka-luka ringan sudah dalam perawatan Rumah Sakit Sungai Rumbai. Korban luka-luka berat dan luka ringan diantaranya yakni Evi (43) asal Jorong Lubuak Muto Kecamatan Ampek Angkek Agam mengalami luka robek di dahi, Roslina (57) asal Kelurahan Batang Kabung Kecamatan Koto Tangah Kota Padang menderita luka memar pada kaki sebelah kanan dan Bambang (30), asal Sikabau Kampung Baru Kecamatan Pulau Punjung Dharmasraya mengalami luka robek pada bagian bibir.

Akibat kecelakaan tersebut kedua kendaraan rusak berat pada bagian depan hingga sempat terjadi kemacetan karena truk hino tersebut melintang di badan jalan.

Satuan lalulintas pun berupaya segera mungkin untuk mengevakuasi truk tersebut agar menghindari kemacetan panjang. Kejadian tersebut saat ini dalam penyelidikan dan penanganan Satlantas Polres Dharmasrya.

Selain memintai keterangan saksi, polisi juga sudah melakukan olah tempat kejadian peristiwa (TKP). ''Kami menghimbau, agar setiap pengemudi lebih hati-hati dan memperhatikan tata cara berkendara di jalan raya. Kecelakaan tidak hanya merugikan diri sendiri, akan tetapi juga orang lain,'' tegas Kasatlantas Polres Dharmasraya Iptu Agus Salem. (ep)