PADANG – Kecelakan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di jalur lintas Kota Bukittinggi-Padangpanjang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 18.30 WIB.

Lokasi kecelakaan di Kanagarian Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Kecelakaan itu dikabarkan menyebabkan sejumlah orang tewas.

GoRiau Sebuah mobil ringsek parah ser
Sebuah mobil ringsek parah serelah terlibat kecelakaan beruntun di Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis (26/1/2023). (tangkapan layar)

Dikutip dari detikSumut.com, dalam video yang beredar, kecelakaan menyebabkan kemacetan panjang di jalur lintas Padang-Bukittinggi tersebut.

Informasi yang beredar, ada enam kendaraan yang terlibat kecelakaan itu.

"Ya Allah ya Tuhan. Kecelakaan beruntun. Banyak sekali," kata salah seorang warga yang menyaksikan dan merekam kecelakaan tersebut.

Terlihat sejumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan ringsek. Mulai dari truk hingga minibus. Laporan awal menyebut enam kendaraan terlibat kecelakaan. Selain itu kecelakaan juga dilaporkan melibatkan sejumlah sepeda motor.

Tim Basarnas dari Pos Limapuluh Kota, telah bergerak ke lokasi kecelakaan beruntun tersebut. "Kami dalam perjalanan menuju lokasi," kata anggota Basarnas, Robi, kepada wartawan Kamis malam.

Robi mengatakan, pihaknya mendapat informasi kecelakaan melibatkan sejumlah kendaraan.

"Mohon izin melaporkan info awal operasi pencarian dan pertolongan kondisi dalam penanganan khusus (KDPK) kecelakaan mobil beruntun di Nagari Panyalaian Kota Padang Panjang. Kami menerima info sekitar pukul 19.00 WIB. Waktu kejadian dilaporkan sekitar pukul 18.30 WIB tadi," ujar Robi.

Pihak kepolisian pun membenarkan adanya kecelakaan beruntun itu.

"Iya benar, ada kecelakaan (beruntun) di wilayah hukum (wilkum) kami," kata Paur Humas Polres Padang Panjang, Bripka Eka Ciputra.

Namun ia belum bisa memberikan informasi lebih banyak, karena masih menunggu kabar tim Satlantas yang sudah berada di lapangan.***