PELALAWAN - Kawanan Gajah Sumatera sejumlah 30 ekor dikabarkan memasuki perkebunan sawit warga di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Hal ini dikonfirmasi oleh Camat Langgam Sugeng Wiharyadi, Jumat (7/8/2020).

"Benar ada kawanan Gajah masuk ke Desa Pangkalan Gondai, hari Kamis (6/8) kemarin. Kira-kira jumlahnya 30 ekor," ujarnya.

Ia menjelaskan kawanan Gajah ini sudah dihalau oleh tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Kabupaten Pelalawan dan tim Taman Nasional Teslo Nilo (TNTN). "Sekarang sudah digiring keluar oleh tim dari TNTN dan perwakilan BBKSDA Riau," paparnya.

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan peristiwa Gajah memasuki kawasan warga ini sudah terjadi 2 kali selama tahun 2020. Namun, pihaknya tidak dapat memastikan apakah kawanan Gajah dari dua peristiwa tersebut adalah kawanan yang sama.

"Kasus pertama lalu, terjadi di Desa Sotol, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Tapi kita tidak tahu, apakah kawanan Gajah yang di Sotol itu sama dengan kawanan Gajah yang di Pangkalan Gondai ini," pungkasnya.

Sementara itu, sampai saat ini GoRiau.com belum mendapatkan konfirmasi dari BBKSDA Riau.***