PEKANBARU - Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet mengaku saat ini tengah mengupayakan pengadaan speedboat untuk membantu aparat pengamanan di perairan pulau terluar Riau.

Dikatakan Politisi Golkar ini, speedboat sangat penting mengingat saat ini peredaran narkoba di Riau sudah sangat memprihatinkan, bahkan di Bengkalis anak SMP pun bisa jadi kurir dan informan peredaran narkoba.

"Generasi muda kita ini habis sama narkoba. Di Bengkalis itu malah ada anak SMP yang jadi kurir dan informan narkoba, bisa saya bawa teman-teman kesana, begitulah rusaknya dampak narkoba ini," kata Pria yang bisa disapa Engah Eet ini, Jumat (7/8/2020).

Peredaran narkoba ini, tegas Engah, masuk ke wilayah Riau melalui jalur perairan. Sayangnya, sarana dan prasarana aparat dalam mencegah ini terbatas, sehingga dengan adanya speedboat akan sangat membantu upaya pencegahan.

"Saya minta ada itu untuk menjaga stabilitas peredaran narkoba di pulau terluar, tidak hanya Bengkalis saja, ada Dumai, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti, dari sana pintu masuknya," jelasnya.

"Apakah salah kalau saya minta Pemprov untuk menganggarkan supaya fungsi aparat disana bisa lebih maksimal, saya tak ada niat lain," tuturnya.

Menghadapi amcaman narkoba, lanjut Mantan Wakil Ketua DPRD Bengkalis ini, membutuhkan sinergitas semua pihak, mulai dari legislatif, eksekutif, aparat hingga masyarakat.

Disinggung anggaran yang terbatas akibat Covid-19, menurut Engah bukan hambatan untuk menganggarkan hal ini. Karena, narkoba dan Covid-19 sama-sama berbahaya. Engah bahkan siap jika dana aspirasinya dihabiskan untuk pembelian speedboat ini.

"Kita tentu maunya narkoba selesai dan covid-19. Bencilah sama saya kalau saya keras minta ini, tapi saya tetap akan lawan narkoba. Tak ada anggaran provinsi, anggaran aspirasi saya pun tidak masalah diambil," tutupnya. ***