PADANG -- Pada Ahad (9/8/2020), terkonfirmasi kasus baru positif Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak 38 orang. Lima di antaranya merupakan pelajar SLTP dan SLTA.

Dikutip dari Republika.co.id, 38 kasus baru Covid-19 di Sumbar tersebar di Kota Padang 11 orang, Kabupaten Padang Pariaman 2 orang, Kota Pariaman 2 orang, Kabupaten Solok 7 orang, Kota Solok 14 orang dan Kabupaten Agam 2 orang.

''Hari ini ada tambahan 38 kasus di Sumbar. Total kasus covid-19 di Sumbar sudah 1.140 orang,'' kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal.

Di Kota Padang, dari 11 kasus, satu di antaranya adalah pelajar berusia 15 tahun. Pelajar wanita ini merupakan warga Banda Buek, Kecamatan Lubuk Kilangan. Ia diduga kontak dengan kasus yang terkonfirmasi sebelumnya dan kini ditangani dengan isolasi mandiri.

Dari tujuh kasus di Kabupaten Solok, ada satu orang pelajar, yaitu wanita berusia 18 tahun, warga Kecamatan Kubuang. Pelajar ini diduga terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sudah lebih dahulu dinyatakan positif covid-19.

Kemudian di Kota Solok yang mencatatkan 14 kasus baru, satu orang pelajar, yakni pria usia 17 tahun. Pelajar ini beralamat di Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan. Ia terpapar karena kontak dengan kasus sebelumnya.

Dua lagi pelajar yang terpapar Covid-19 di Sumbar adalah warga Kabupaten Agam. Agam mencatatkan dua kasus baru Covid-19 dan keduanya sama-sama berstatus pelajar. Pertama adalah pria 18 tahun warga Tilatang Kamang dan satu lagi pria 15 tahun yang juga beralamat di Tilatang Kamang. Keduanya sama-sama kasus impor karena sama-sama baru kembali dari Medan, Sumatera Utara.***