JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menerima Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU yang disematkan langsung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., di Apron Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Selain Kasal, Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU tersebut juga disematkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Penyematan Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU tersebut merupakan bentuk penghargaan serta penghormatan kepada insan yang telah memberikan pengabdian yang luar biasa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk soliditas TNI yang terdiri dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU dalam mewujudkan stabilitas kedaulatan negara.

Sebelum penyematan Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I TNI AU, baik Kasad, Kasal maupun Kasau terlebih dahulu melaksanakan prosesi penerbangan dengan pesawat tempur jenis Sukhoi 30 MK2 Flanker TNI AU.

Pesawat tempur TNI AU yang digunakan Kasal adalah Sukhoi TS-3008 dengan pilot Mayor (Pnb) Bambang Baskoro, Kasad menggunakan pesawat Sukhoi TS-3011 dengan pilot Mayor (Pnb) I Gusti Ngurah SL, sedangkan Kasau menggunakan pesawat Sukhoi TS-3009 dengan pilot Letkol (Pnb) Wanda Surijohansyah.

Ketiga pesawat tempur tersebut melakukan manuver dan formasi tempur di udara kurang lebih selama 30 menit di angkasa, dengan rute Bandara Halim Perdana Kusuma - Pelabuhan Ratu - Halim Perdana Kusuma, dengan ketinggian 15.000 ft.

Dalam acara penyematan Brevet Wing Penerbang tersebut, turut dihadiri para Pejabat Utama Mabesad, Mabesal dan Mabesau. ***