JAKARTA - Satu unit kapal milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta meledak di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (22/4/2018) pukul 09:00 WIB.

Kapal tersebut membawa rombongan UP Perparkiran Dishub DKI Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menjelaskan 47 orang dari UP Perparkiran akan kembali ke Jakarta dari Pulau Panggang. Namun saat satu persatu penumpang naik, tiba-tiba mesin kapal bagian belakang meledak.

"Sebagian pegawai sudah masuk ke kapal dan sebagian masih di luar. Mesin kapal mulai dihidupkan selang 5-10 detik kemudian terjadi ledakan dari bagian belakang kapal tempat dimana penumpang masuk ke kabin kapal," ujar Sigit, Minggu (22/4/2018).

Sigit menuturkan, akibat kejadian sembilan penumpang menjadi korban ledakan.

Lima dari penumpang terkena langsung ledakan dan mengakibatkan luka bakar akibat uap panas mesin. Saat ini semua korban dirawat di RSUD Pulau Pramuka. Satu korban menderita patah kaki akibat kejadian itu.

"Dhani G, Kasubag TU alami patah kaki, Achdin (Kasubag Keuangan) luka bakar sebagian dan sesak nafas karena jatuh dan tertimpa korban lainnya. Korban lain, Anton (Kasatpel Sarpras) dan putranya mengalami luka bakar. Haribowo dan Didi (Kasatpel Jakpus dan selatan) mengalami luka bakar, kemudian Alan, Maryunas dan Iim juga mengalami luka bakar," terang Sigit.

Lebih lanjut, Sigit mengatakan terdapat empat korban yang dirujuk ke RSUD Koja, Jakarta Utara.***