PEKANBARU - Kampung Bandar yang merupakan kota tua di Pekanbaru, Provinsi Riau, kini telah disulap menjadi tempat bersejarah yang lebih berwarna.

Bahkan, sisa-sisa reruntuhan bangunan rumah bekas kebakaran di kampung tersebut juga disulap menjadi tempat swafoto yang apik dengan lukisan mural-mural full color.

Itu semua merupakan hasil kerja keras dari komunitas Pekanbaru Heritage Walk (PHW) selaku panitia pelaksana Riau Festival atau "RiauFest 2019", yang diselenggarakan di Kampung Bandar, pada Kamis (11/4/2019).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman pun mengaku sangat mengapresiasi iven tersebut. Ia juga meluangkan waktu secara khusus untuk menjajal rute jelajah Kampung Bandar bersama komunitas PHW tersebut, pada Kamis sore.

Ads
Di mana, rute jelajah Kampung Bandar ini dibagi menjadi enam check point, yakni Rumah Singgah Sultan Siak, Rumah Tinggi (Rumah Tenun), Bandar Mural, Cerita Kampung Bandar, Massive Ground Mural Painting, Pusat Kuliner (sajian kuliner dan Nuansa Nostalgia) dan Pentas Kreatif Melayu.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti Riau Festival ini, karena keuntungannya banyak. Dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Apa lagi di sini, masyarakat dilibatkan langsung, seperti mereka bisa berjualan," kata Fahmizal.

Sembari mendampingi Fahmizal berkeliling, Ketua Panitia RiauFest 2019, Mike Agnesia pun menjelaskan, bahwa pada acara puncak RiauFest malam ini, akan ada Pentas Kreatif Melayu. Yaitu, berisikan penampilan musik dan hiburan di panggung area pelabuhan tua Pelindo1. Panggung berkonsep terbuka itu akan menampilkan Freza and Friends, Wan Dance Studio, dan bintang utamanya Geliga Jazz featuring Bintang Indrianto, Kadek Rihardika (Fusionstuff), dan Bonita (Bonita & the Hus Band).

"Inilah keunikan RiauFest 2019, kami menyatukan banyak elemen sejarah dan modern yang dikemas sedemikian rupa untuk menarik perhatian para milenial dan masyarakat Kota Pekanbaru pada umumnya," kata Mike.

Sementara itu, salah satu pengisi acara, yang juga gitaris senior Indonesia, Kadek Rihardika turut meyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya iven tersebut. Bahkan, disela-sela aktivitasnya sebelum manggung, Kadek juga terlihat menikmati suasana RiauFest itu.

"Saya berharap semoga acara festival seperti ini terus berlanjut. Jadi jangan on off ya, ini bagus. Apa lagi nanti ada penampilan musik Jazz Melayu, itu unik," kata Kadek. ***