PEKANBARU - Tanoto Foundation melalui program Pelita Aman, Sehat dan Ramah Lingkungan (ASRI), melakukan kampanye Sekolah Sehat di sekolah binaannya di Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (18/11/2017).

Hal itu disampaikan Regional Project Officer Wilayah Dumai dan Kepulauan Meranti Tanoto Foundation, Nurul Hasanah kepada GoRiau.com.

"Kampanye ini bertujuan untuk membangun kegiatan patrisiptif guru, siswa, masyarakat dengan instansi terkait dan sekolah-sekolah yang mengembangkan kegiatan sekolah sehat," ungkapnya.

Meningkatkan kreativitas, pengetahuan, pemahaman dan kesadaran dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, dikatakannya, nantinya dapat menimbulkan peningkatan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.

"Dengan memperkenalkan konsep sekolah sehat kepada sekolah, bisa menjadi acuan dalam perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu harapannya, dari kegiatan ini masyarakat sekolah memahami pentingnya kebersihan sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar," ujarnya.

Adanya kerjasama komunitas sekolah dan masyarakat serta antar sekolah, lajutnya, untuk menciptakan sekolah sehat sebagai bagian dari pendidikan karakter.

"Selain itu dalam kampanye ini, peserta yang ikut mampu berkreasi dengan memanfaatkan barang bekas menjadi ragam kerajinan tangan. Peserta mampu berbagi pengetahuan tentang kesehatan lingkungan dengan cara kreatif dan menarik melalui berbagai media populer, seperti panggung boneka, membuat poster dan aksi cuci tangan," ulasnya.

Pada kegiatan kampanye ini, masih dikatakan Nurul, ada beberapa lomba yang diadakan dengan tema sekolah sehat, lomba panggung boneka, lomba membuat poster dan lomba aksi cuci tangan antar sekolah SDN 15 Tanjung Padang, SDN 17 Tanjung Padang, SDN 10 Putri Puyu, SDN 18 Putri Puyu, SDS Mekar Delima, dan SDN 4 Mekar Delima.

"Ada pun juri dari perlombaan ini, yaitu tim UPT Kesehatan Kecamatan Tasik Putri Puyu dan dokter umum, UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tasik putri puyu," pungkasnya.

Perwakilan dari UPT Dinas kesehatan Kecamatan Tasik Putri Puyu sangat mengapresiasi kegiatan kampanye ini, sebagai bentuk kepedulian Tanoto Foundation kepada sekolah di wilayah Kecamatan Tasik Putri Puyu dan bertepatan hari ini adalah hari kesehatan nasional. ***