LONDON – Liverpool berhasil menjuarai Piala FA 2021/2022. The Reds mendapatkannya usai mengalahkan Chelsea lewat adu penalti.

Pada pertandingan final Piala FA di Wembley Stadium, Sabtu (14/5/2022) malam WIB, Liverpool memang unggul penguasaan bola 53 persen ball possesion dan membuat 17 attemtps, tapi cuma dua on goal.

Chelsea juga cuma membuat dua attempts on target dari total 10 sepanjang 120 menit. Pertandingan harus dituntaskan lewat adu penalti setelah imbang 0-0.

Dari kubu Chelsea, dua pemain gagal yakni Cesar Azpilicueta dan Mason Mount. Hanya Sadio Mane yang gagal dari kubu Liverpool, sebelum tendangan Kostas Tsimikas memastikan gelar juara Piala FA untuk timnya.

Bagi Liverpool ini adalah gelar kedelapan mereka di Piala FA sekaligus yang pertama sejak 2006. Kali terakhir memenanginya, Liverpool juga meraihnya lewat adu penalti.

Ini adalah gelar kedua Liverpool musim ini setelah Carabao Cup, juga mengalahkan Chelsea lewat adu penalti. Masih ada dua trofi lagi dikejar Liverpool, yakni Premier League dan Liga Champions.

Sementara Chelsea untuk ketiga kali secara beruntun harus jadi runner-up Piala FA setelah 2020 dan 2021. Tim asuhan Thomas Tuchel itu dipastikan nirgelar musim ini.***