BANDUNG - Melangsungkan laga uji coba resmi, Persib Bandung mampu memetik kemenangan atas tamunya Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020) malam. Skor 2-1 dimana Esteban Vizcarra mencetak dua gol. Barito hanya mampu memperkecil angka dari sepakan penyerang anyar mereka Aleksandar Rakic.

Persib sama sekali tak memperhatikan hasil akhir. Pada laga tersebut Robert Alberts pelatih Persib memainkan sekaligus tiga bek tengah Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Fabiano Beltrame dalam formasi transisi 4-4-2 ke 3-5-2. Hasilnya dinilai Robert kurang maksimal di babak pertama.

Pada babak kedua, ia mencoba skema lainnya, keberadaan Dedi Kusnandar dan pemain muda Beckham Putera dianggap lebih efektif. Kondisi itu menjadi catatan dan pertimbangan Robert untuk kompetisi Liga 1 nanti.

"Hasil bukan menjadi perhatian utama, tapi yang penting kami punya jawaban jelas, apa yang harus diperbaiki untuk bisa lebih siap bermain selama 90 menit dalam waktu dua pekan dari sekarang," kata Robert.

Dalam sisa waktu menuju liga, Robert akan terus mengevaluasi dengan merotasi kombinasi-kombinasi yang paling ideal. "Saya pikir kami sudah mendapatkan jawabannya hari ini. Kami masih akan merotasi sistem bermain dengan tiga bek, dan kami melihat ada perbedaan (skema tiga bek) ketika latih tanding dengan uji coba seperti tadi," paparnya.

"Jadi menurut saya kami lebih menjanjikan ketika memainkan skema seperti di babak kedua, ketika kami lebih meningkatkan kecepatan pergerakan bola, kami sedikit lebih berbahaya," bebernya. ***