SIAK - Prihatin dengan kondisi warganya akibat pasang keleng, Kadus Kampung Teluk Lanus memposting foto-foto kondisi itu di media sosial. Hingga foto tersebut viral dan mendapat respon baik dari sejumlah pihak termasuk perusahaan serta Pemkab Siak.

Berkat inisiatif Kadus Teluk Lanus ini, rombongan Bupati Siak serta Perusahaan BSP datang ke kampung itu untuk menyalurkan 100 paket sembako untuk masyarakat di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau yang rumahnya terendam banjir, Kamis (14/1/2020).

Tak hanya itu, 600 hektar lahan sawah yang menjadi mata pencarian masyarakat ikut teredam, mengakibatkan gagal panen. Kondisi seperti ini biasa terjadi sekali 5 tahun, dimana air sungai pasang atau naik.

Asisten III Jamaludin bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Siak menyerahkan bantuan sembako tersebut. Kondisi ini awal diketahui pihak pemerintah dari Postingan Kadus Teluk Lanus di media sosial.

"Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Kadus Teluk Lanus, yang cepat tanggap melaporkan kondisi keadaan masyarakatnya di Teluk Lanus dan menviralkannya, di Medsos sehingga kita bisa dapat melihat langsung kondisi yang terjadi dan kita sampai disini," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, bahwa bantuan ini merupakan program CSR PT BSP yang diserahkan ke Dinas Sosial,terdiri dari beras,telur, ikan kaleng, minyak goreng dan juga selimut. "Karena kondisi yang dingin maka kami juga berikan selimut bagi masyarakat," ujarnya.

Kata Jamal, Pemkab Siak juga akan terus memikirkan bantuan apa yang akan diperlukan masyarakat Teluk Lanus yang terkena musibah banjir ini dengan tujuan dapat meringankan beban masyarakat.

Sementara Camat Sungai Apit Wahyudi memberikan semangat bagi masyarakat Teluk Lanus dan meminta masyarakat untuk banyak banyak bersabar atas musibah yang terjadi.

Selain itu pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Siak juga turut memberikan bantuan pengobatan gratis bagi masyarakat yang terkena banjir. ***